Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makalah Strategi Pembelajaran : Pengertian, Tujuan, Macam-macam dan Contohnya

strategi pembelajaran

Pengertian Strategi Pembelajaran

Strategi pembelajaran merupakan serangkaian rencana kegiatan yang berhubungan dengan implementasi dari sebuah ide dan rencana pada kegiatan tertentu. Apabila strategi dihubungkan dengan pendidikan maka didefinisikan sebagai alur dasar kegiatan pembelajaran dalam menerapkan aktivitas belajar yang sudah disiapkan sesuai dengan tujuan.

Jika strategi pembelajaran disimpulkan maka sebuah ide dan rencana yang berisi susunan aktivitas belajar yang diimplementasikan berdasarkan kompetensi yang sudah ditetapkan agar dapat memperoleh tujuan dalam proses pembelajaran.

Baca juga : Pendekatan Pembelajaran : Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, Macam-macam serta Fungsinya

Pengertian strategi pembelajaran menurut para Ahli

Definisi dari para ahli ini akan membuat pengertian strategi pembelajaran menjadi semakin kuat berikut beberapa definisinya :

Kemp ( 1995 )

Kemp berpendapat bahwa strategi pembelajaran merupakan aktivitas yang dilakukan guru dan siswa untuk memenuhi Misi pembelajaran yang efisien dan efektif

Gilistrap Martin

Strategi pembelajaran adalah formula keterampilan yang digunakan guru untuk membantu siswa agar bisa memenuhi tujuan belajar yang telah ditetapkan

Saiful Bahri dan aswan Zain 1995

beliau mengungkapkan bahwa strategi pembelajaran merupakan sebuah sistem acuan yang mendasari aktivitas siswa ketika melaksanakan belajar mengajar agar bisa menuju tujuan yang sudah ditentukan

Egger Kauchak dan Harder

Mereka berpendapat bahwa strategi pembelajaran merupakan macam-macam cara belajar mengajar yang sengaja dirancang untuk memenuhi sasaran yang spesifik agar mendapatkan hak hasil yang maksimal.

Sanjaya, Wina ( 2007 )

Menurutnya strategi pembelajaran merupakan format yang bisa dilakukan guru dan siswa dalam menerapkan aktivitas belajar dan mengajar yang ideal. Karakter dari format yang bisa dilakukan adalah semacam rangkaian aktivitas yang bisa berdampak pada tercapainya tujuan belajar

Kozma, Sanjaya ( 2007 )

Strategi Pembelajaran diartikan sebagai sesuatu yang bisa memberi dampak kepada siswa untuk bisa memperoleh tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan

Suparman (1997 )

Gabungan dari susunan aktivitas yaitu berupa cara mengatur materi pembelajaran siswa dan fasilitas yang dipakai guna untuk memenuhi aktivitas belajar mengajar agar dapat meraih tujuan pembelajaran 

Tujuan Strategi Pembelajaran

Tujuan utama dari strategi pembelajaran dalam aktivitas belajar mengajar yaitu agar mendapatkan hasil yang efisien dan efektif guna untuk mencapai tujuan belajar. Namun yang lebih utama lagi yaitu agar seorang guru bisa memberi gambaran tentang apa dan bagaimana sesuatu hal yang harus dilakukan dalam kegiatan belajar.

Tujuan dari strategi pembelajaran ini juga akan berdampak positif terhadap perkembangan guru dalam menghadapi karakteristik dari siswa. alasannya adalah karena setiap siswa wa-nya pasti mempunyai kapal bilitas yang berbeda-beda sehingga ini akan menjadi suatu tantangan tersendiri bagi seorang guru dalam mengajar.

Oleh karenanya strategi pembelajaran hadir untuk mengatasi dan memberikan manfaat terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa agar mendapatkan hasil yang efektif.

Baca juga : Model Pembelajaran : Pengertian, Ciri-ciri, Karekteristik, Macam-macam dan Fungsinya

Pemilihan Strategi Pembelajaran

Parameter untuk menentukan seberapa bagus dalam memilih strategi pembelajaran maka manajer telah mengutarakan beberapa parameter tersebut guna untuk membantu Anda dalam memilih strategi pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu antara lain :

  • Berfokus pada tujuan pembelajaran yang harus diraih. Ini merupakan sebuah klasifikasi yang bisa diraih oleh siswa dalam proses pembelajaran
  • Tentukan taktik pembelajaran yang cocok dengan apa yang telah ditentukan dalam mengasah skill yang bisa dimanfaatkan untuk kehidupan yang akan datang
  • Gunakan variasi media pembelajaran yang inovatif agar siswa dapat tersimulasi sehingga dapat berpikir secara mudah.

Macam-macam Strategi Pembelajaran

Pada dasarnya strategi pembelajaran sangat menentukan pantas atau tidaknya menjadi seorang pendidik sedangkan dalam prosesnya pembelajaran membutuhkan berbagai keahlian seni dan ilmu yang berguna untuk menyampaikan materi terhadap peserta didik sesuai dengan tujuan yang efektif dan efisien

Terdapat beberapa strategi pembelajaran yang sesuai dengan bentuk dan karakteristiknya antara lain :

1. Strategi Pembelajaran Kooperatif

Strategi Pembelajaran Kooperative merupakan sebuah rangkaian kegiatan belajar yang dilakukan para siswa dan kelompok tertentu guna mendapatkan tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan.

Strategi Pembelajaran  seperti ini bisa dilakukan oleh 4 sampai 6 orang yang yang kemudian dikelompokkan menjadi satu kelompok kemudian mereka dapat berinteraksi antara satu dengan yang lainnya.

2. Strategi Pembelajaran Inkuiri

Pembelajaran Inkuiri merupakan sebuah rangkaian kegiatan pembelajaran yang dirangkai dengan cara mengutamakan proses berpikir secara analitis dan kritis.

Artinya siswa dilatih agar dia berpikir mereka dapat berkembang analitis dan kritis Dalam menemukan atau memecahkan suatu masalah yang dipertanyakan.

Strategi Pembelajaran  seperti ini tentu akan sangat berdampak positif terhadap perkembangan otak siswa karena menggunakan daya intelektual yang tinggi.

3. Strategi Pembelajaran Ekspositori

Pembelajaran sport hari ini ini dilakukan dengan cara mengutamakan pada proses penyampaian ilmu dan materi yang dilakukan secara verbal oleh guru kepada siswa agar dapat menguasai materi secara optimal.

Untuk dapat melaksanakan strategi pembelajaran ini maka seorang guru setidaknya sudah menyiapkan bahan ajar yang akan dilaksanakan dalam proses belajar mengajar kepada siswa.

4. Strategi Pembelajaran Kontekstual

Kontekstual adalah konsep pembelajaran yang dapat membantu para pengajar atau guru antara situasi dunia nyata para siswa dengan materi pembelajaran yang sedang disampaikan.

Maksudnya penyampaian yang dilakukan oleh seorang guru kepada siswa ini dapat beradaptasi dengan kehidupan dunia nyata agar materi pelajaran yang disampaikan oleh guru dapat dicerna dan dipahami oleh peserta didik.

5. Strategi Pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir

Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir mengutamakan pada kemampuan berpikir yang dimiliki setiap siswa. Setiap materi yang disampaikan tidak harus dijelaskan semuanya tetapi para siswa akan dibimbing untuk dapat menemukan konsep yang seharusnya dikuasai oleh eh proses dialogis secara terus-menerus dan mendapatkan kemanfaatan pengalaman yang dimiliki

Strategi Pembelajaran Afektif

Jenis strategi pembelajaran ini merupakan bagian dari strategi pembelajaran portable document format yang berhubungan pada value atau nilai yang tidak mudah. Sebab telah menyangkut pada kesadaran diri seorang siswa yang telah tumbuh pada dirinya.

Proses pembelajaran efektif dapat muncul pada kejadian perilaku tetapi untuk dapat melakukan penilaian maka harus membutuhkan observasi dan ketelitian secara terus menerus.

Baca juga : Karya Tulis Ilmiah : Pengertian, Unsur-unsur utama karya tulis dan Jenisnya 

Contoh Strategi Pembelajaran 

Selain tujuan strategi pembelajaran seperti yang disebutkan dia atas, juga dapat menghilangkan rasa bosan yang ada di luar atau di dalam kelas

Berikut ini contoh strategi pembelajaran yang bisa digunakan antara lain :

Debat Aktif

Model strategi pembelajaran dengan menggunakan debat aktif akan menjadi lebih tepat. misalnya dari aktif yaitu guru dapat membagi kelas menjadi beberapa kelompok kemudian memberikan tugas kepada siswa dengan posisi pro dan kontra

Guru dapat meminta kepada setiap kelompok untuk menjadi wakil dan untuk siswa yang bertugas menjadi juru bicara melaksanakan dengan posisi duduk dan saling berhadapan. Pada setiap kelompok dapat mengeluarkan pandangannya secara bergantian kemudian juru bicara kembali masing-masing untuk meminta pendapat dalam mengatur tanggapan atau sanggahan pada kelompok lain.

Tujuan dari penggunaan strategi pembelajaran seperti ini tak lain adalah untuk melatih para siswa agar dapat mencari argumentasi yang kuat dalam memecahkan masalah secara kontroversial

Setiap siswa berperan menjadi di seorang guru

Na,h Strategi Pembelajaran  seperti ini juga dapat menumbuhkan mental pada diri siswa agar menjadikan siswa lebih percaya diri dan tidak takut malu dan salah.

Contohnya : Setiap siswa diberikan peranan masing-masing menjadi seorang guru seperti guru bahasa guru matematika guru, dan kemudian nantinya menjelaskan satu materi yang sudah dipilih untuk dijelaskan oleh siswa yang berperan menjadi seorang guru.

Oke mungkin cukup sekian penjelasan mengenai strategi pembelajaran beserta pengertian, macam-macam, tujuan beserta contoh dalam memilih strategi pembelajaran. Semoga bermanfaat dan Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di blog cahsantri.com.

Baca juga artikel terkait : 

Posting Komentar untuk "Makalah Strategi Pembelajaran : Pengertian, Tujuan, Macam-macam dan Contohnya"