7 Alasan kenapa S2 Itu Penting di Indonesia, Mahasiswa harus tau

Daftar Isi
Alasan kenapa S2 Itu Penting di Indonesia, Bagi seorang mahasiswa akhir tentunya rasa bimbang pasti ada antara bekerja atau melanjutkan S2. Bagi fresh graduate atau lulusan baru, perlu juga mengetahui pentingnya melanjutkan kuliah di jenjang Magister atau S2. 

Melalau hasil riset dari berbagai sumber, banyak yang mengatakan bahwa kuliah S1 saat ini tidak cukup, karena kenyataanya banyak sarjana lulusan strata yang bingung dan susah mendapatkan pekerjaan.

Oleh karena itu disampaikan bahwa saa ini melanjutkan kuliah S2 itu penting. Nah sebagai seorang mahasiswa, sudah seharusnya untuk mengetahui alasan kenapa S2 itu penting di indonesia. 

Menjadi lulusan Master adalah sebuah Previllage, yaitu sebuah keistimewaan yang belum tentu orang lain miliki

Dikutip dari laman konsultan pendidikan luar negeri ICAN Education, berikut ini alasan kenapa melanjutkan kuliah S2 itu penting. 

7 Alasan kenapa S2 Itu Penting di Indonesia

7 Alasan kenapa S2 Itu Penting di Indonesia

1. Meningkatkan skill dan kemampuan

Dengan meningkatkan kemampuan belajar di bangku kuliah S2, tentu skill yang dimiliki akan lebih matang lagi untuk dijadikan sebagai bahan persiapan ketika telah selesai kuliah S2. 

Kemampuan yang dimiliki akan semakin meningkat seiring dengan proses pembelajaran yang dijalani selama masa kuliah S2. 

Metode pengajaran dan pembelajaran yang diterapkan pada perkuliahan S2 tentunya memiliki standar tinggi, serta mahasiswa akan diajar oleh tenaga pengajar profesional yang ahli di bidangnya.

Selama mengikuti perkuliahan, mahasiwa akan diberi tugas-tugas yang berbobot untuk semakin meningkatkan kemampuan mahasiswa.

2. Lebih Unggul 


Seperti yang dikatakan pada awal paragraf bahwa saat ini banyak onak muda yang sudah menyandang gelar sarjana. Dengan begitu tingkat kompetitor akan semakin tinggi.

Daya saing yang tinggi inilah mengharuskan sobat untuk melanjutkan S2. 

Untuk dapat lebih menonjol dari yang lain, S2 akan memperlihatkan kalian memiliki sesuatu yang lebih dibanding yang lain. Sehingga kalian akan termasuk salah satu orang yang diperhitungkan karena keunggulan tersebut. 

Terkait biaya tak perlu khawatir. Karena saat ini banyak beasiswa yang tersedia, sehingga tak ada alasan lagi untuk tidak kuliah S2. 

3. Posisi Kerja dan Gaji


Sebagai lulusan Master (s2), pastinya posisi kerja yang akan didapatkan lebih tinggi dari pada posisi lulusan S1. Bahkan untuk naik tingkatpun juga akan lebih seiring dengan skil dna kemapuan yang dimiliki. 

Penelitian menunjukkan profesional dengan lulusan Master rata-rata, melakukan pekerjaan lebih baik daripada lulusan Sarjana. Kisaran gaji yang diperoleh juga akan lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan sarjana.


4. Peluang Pekerjaan semakin banyak

Sebagai lulusan Master, tentu ilmu, skill dan kemampuannya tak perlu diragukan lagi. Karena ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa S2 akan lebih mendalam sesuai dengan jurusannya. 

Apalagi jurusan yang diambil adalah jurusan yang banyak dibutuhkan dalam dunia kerja, tentu ini merupakan peluang besar untuk lebih mudah mendapatkan pekerjaan. 

Beberapa lapangan pekerjaan ada juga yang hanya menerima lulusan Master. Itu berarti lulusan S2 sangatlah dinanti dalam lapangan pekerjaan yang profesional. 

5. Banyak Jaringan Pengusaha


Mengambil perkuliahan Master tentunya akan mengantarkan ke dunia para intelek, yang menyukai ilmu, memiliki banyak pengalaman menarik, serta membuat kalian bisa mengenal banyak pengusaha. 

Tentu kalian sangat berkesempatan untuk membangun komunikasi dan jaringan yang lebih luas. Hal ini bisa mendongkrak karier anda.

Apalagi kalian mengambil kuliah S2 diluar negri, jaringan yang luas di luar negri bisa anda manfaatkan untuk jaringan usaha. Di indonesia juga banyak kampus ternama dengan lulusan master terbaik. anda sangat bisa mencobanya.


6. Investasi 

Investasi yang sesungguhnya adalah melalui ilmu pengetahuan, karena tak banyak orang yang bisa memilikinya. Sebagai lulusan master anda bisa memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk meningkatkan kerja dan usaha dimasa yang akan datang.

Bangun koneksi dan jaringan dengan para pengusa yang dikenal ketika waktu kuliah juga bisa menjadi investasi dalam dunia usaha. 

7. Peluang Jodoh Lebih Besar

Alasan terkahir adalah jodoh. ya bisa dibilang ini adalah bonus untuk para lulusan master. Bila anda termasuk dari orang yang kurang beruntung karena calon mertua, yang dinilai memiliki pendidikan yang kurang bagus.

Dengan melanjutkan kuliah S2, peluang jodoh anda semakin besar. Karena orang yang memiliki pendidikan tinggi tentu tidak akan dipandang sebelah mata oleh orang lain. 

Nah itulah alasan mengapa kuliah S2 itu penting di indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi alasan kenapa kuliah s2 itu penting, tapi mimin rasa beberapa alasan diatas sudah cukup mewakili. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Posting Komentar