Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Orang Terkaya Di Indonesia 2022 Versi Forbes dan Sumber Kekayaannya

Daftar Orang Terkaya Di Indonesia 2022, Sebagai warga negara indonesia yang budiman, setidaknya kita juga mengetahui siapa saja daftar orang terkaya di indonesia ? karena tentunya orang-orang terkaya di indonesia memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan ekonomi industri global indonesia.

Baru-baru ini forbes kembali menghitung jumlah kekayaan yang dimiliki oleh para konglomerat yang masuk dalam daftar orang terkaya di indonesia sebelumnya. 

Jumlah kekayaan orang-orang yang masuk dalam daftar ini, dihitung berdasarkan pada aset yang dimiliki baik berupa perusahaan publik maupun pribadi, real estate, koleksi mobil, perhiasan, pesawat.

Namun, forbes tentunya tak asal hitung saja, untuk menghargai bisnis pribadi yang dimiliki seseorang, Forbes menghitung dengan cara menggandakan perkiraan keuntungan.


Nah, maka dari itu pertanyaan besarnya adalah siapa saja konglomerat Indonesia yang masuk dalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia 2022 versi Forbes ? Yuk kita kepoin sobatku

Daftar Orang Terkaya Di Indonesia Versi Forbes


Dikutip dari Forbes Real Time Billionaires pada Senin (23/5/2022), berikut ini 10 daftar orang terkaya di indonesia tahun 2022 :

1. R. Budi Hartono dan Michael Hartono 

Di urutan pertama masih dikuasi oleh 2 bersaudara yakni Budi Hartono & Michael Hartono dengan jumlah kekayaan masing-masing mencapai 21,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 313,9 triliun dan 20,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 302 triliun.


Selain menempati peringkat pertama orang terkaya di Indonesia, Budi Hartono juga menempati peringkat 64 dan adiknya Michael Hartono ke 69 orang terkaya di dunia.

Sumber Kekayaan :

Sumber kekayaan tersbesarnya berasal dari kepemilikan Bank BCA dan Perusahaan Rokok Djarum.

Rokok djarum sendiri merupakan masuk dalam daftar daftar perusahaan rokok paling besar di tanah air. Sedangkan Bank BCA miliknya masuk dalam catatan bank swasta terbesar di indonesia. 

2. Chairul Tanjung 

Di posisi Kedua ada Chairul Tanjung yang memiliki jumlah kekayaan 7,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 110 triliun. Chairul Tanjung juga masuk dalam peringkat 263 orang terkaya di dunia tahun 2022.


Sumber kekayaan :

Sumber kekayaan terbesarnya adalah berasal dari salah satu perusahaan korporasi terbesar di tanah air yaitu CT Corp.

CT Crop sendiri merupakan singkatan dari Chairul Tanjung Corpora yang menaungi berbagai bisnis seperti PT Trans Media Corp, PT Mega Corpora dan CT Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, lifestyle, hiburan dan sumber daya alam.

Tak hanya itu, sumber kekayaan Chairul Tanjung juga berasal dari beberapa bisnis yang dijalani. Oleh sebab itulah ia saat ini menempati urutan kedua sebagai orang terkaya di Indonesia.


3. Sri Prakash Lohia 


Urutan ketiga orang terkaya di Indonesia ialah Sri Prakash Lohia yang memiliki jumlah kekayaan mencapai 6,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 96,8 triliun. Sri Prakash Lohia adalah pemilik perusahaan Indorama Corporation


Sumber kekayaan :

Sumber kekayaan Sri Prakash Lohia sendiri berasal dari bisnis petrokimia dan tekstil yang tak bisa di pandang sebelah mata. 

Karena sebab itulah ia menempati urutan ketiga sebagai orang terkaya di indonesia dibawah Chairul Tanjung dan Hartono bersaudar

4. Prajogo Pangestu 

Pringkat keempat adalah Prajogo Pangestu pemilik Grup Barito dengan jumlah kekayaan mencapai 5,4 miliar dollar AS atau sekitar Rp 79,2 triliun. Prajogo juga menempati posisi 471 dunia, turun dari peringkat 404 pada tahun 2021.


Sumber kekayaan : 

Dikutip dari money.kompas.com sumber kekayaan Prajogo Pangestu berasal dari Tiga proyeknya, yakni PLTP Wayang Windu, PLTP Salak, dan PLTP Darajat, yang ketiganya berada di Provinsi Jawa Barat. Pada 2019 lalu, perusahaan berencana menginvestasikan 2,5 miliar dollar AS untuk meningkatkan kapasitasnya menjadi 1.200 MW pada 2028

5. Low Tuck Kwong 

Peringkat lima orang terkaya di Indonesia versi Forbes adalah Low Tuck Kwong pemilik Bayan Resources yang bergerak di sektor batu bara. Kekayaannya mencapai 4,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 54 triliun.


Selain menempati peringkat kelima orang terkaya di Indonesia, Low juga berada di posisi 801 orang terkaya di dunia, naik drastis dari posisinya tahun lalu yakni 2.524.

Sumber kekayaan :

Sumber kekyaan LTK berasal dari batu bara, Kwong juga kaya raya dari bisnis pelayaran lewat Singapura Manhattan Resources dan dia memiliki kepentingan di The Farrer Park Company, Samindo Resources, sampai Voksel Electric. Sebagaimana dikutip dari cnnindonesia.

6. Theodore Rachmat

Urutan ke enam orang terkaya di Indonesia ialah Theodore Rachmat pemilik Triputra Group dengan jumlah kekayaan 3,3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 48 triliun. Ia juga masuk dalam daftar orang terkaya di dunia peringkat ke-913 pada 2022.


Sumber kekayaan :

Kekayaannya bersumber dari perusahaan yang ia kelola yaitu Triputra Group dan Adira Finance. Masih banyak lagi bisnis yang dikelolanya. Sehingga menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di indonesia.

7. Wijono dan Hermanto Tanoko 

Wijono dan Hermanto Tanoko, pemilik merek cat Avia Avian berada di peringkat tujuh. Dengan kekayaan mencapai 3,2 miliar dollar AS atau Rp 46,9 triliun, mereka untuk pertama kalinya juga masuk dalam daftar orang terkaya di dunia yakni di peringkat 1.012.


Sumber kekayaan :

Sumber kekayaanya berasal dari Kedua perusahaan yang dimilik yaitu Caturkarda Depo (DEPO) yang berhasil mengumpulkan Rp 493,57 miliar dana IPO setelah melepas 15,08% saham baru dan Avia Avian (AVIA) yang mampu mengumpulkan Rp 5,76 triliun setelah melepas 10,01% saham baru. Dikuti dari cnnindonesia

8. Djoko susanto 

Peringkat delapan orang terkaya di indonesia adalah Djoko Susanto dengan jumlah kekayaan mencapai 2,8 miliar dolar AS atau sekitar 41 triliun.


Sumber kekayaan :

Mengutip dari idxchnael, sumber kekayaan djoko susanto berasal dari usaha minimarketnya yaitu Alfamart. Salah satu minimarket terbesar di tanah air.

9. Martua Sitorus 

Martua Sitoris ada di peringkat sembilan daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2022. Dengan kekayaan mencapai 2,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 42,5 triliun, Martua juga masuk dalam daftar orang terkaya di dunia 2022 urutan ke 1.052.


Martua Sitoris Pemilik perusahaan produsen minyak sawit Wilmar International

Sumber kekayaan :

Sumber kekayaan pengusaha berusia 62 tahun ini berasal dari Wilmar Group yang bergerak di perkebunan kelapa sawit dan berbasis di Singapura. Martua mendirikan Wilmar bersama dengan Kuok Khoon Hong pada 1991. Dilansir dari inews

10. Eddy Kusnandi Sariaatmadja 

Pemilik Emtek Eddy Kusnandi juga masuk daftar orang terkaya Indonesia di peringkat sepuluh dengan jumlah kekayaan mencapai 3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 44 triliun. Sama halnya dengan sembilan orang terkaya di indonesia lainnya, ia juga masuk dalam daftar orang terkaya di dunia peringkat ke 1.012 pada 2022.


Sumber kekayaan :

Sumber kekayaan yang ia miliki berasal dari saham perusahaanya yaitu PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) dan PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). 

Itulah daftar orang terkaya di indonesia 2022 beserta sumber kekayaannya. Semoga artikel bermanfaat. dapatkan notif info terbaru dari blog ini dengan cara mengikuti blog cahsantri.com

Posting Komentar untuk "Daftar Orang Terkaya Di Indonesia 2022 Versi Forbes dan Sumber Kekayaannya"