Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kota Di Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah, Cocok Untuk Tempat Kuliah

Kota di Indonesia - Hidup di kota orang pastinya akan berbeda dengan kota sendiri. Segala kebutuhan sehari-hari tentunya juga akan berbeda, mulai biaya pendidikan sampai biaya makan pun tidak sama.

Biaya hidup yang murah merupakan salah satu hal yang dapat dipertimbangkan sebelum pindah ke kota lain. Biaya bahan pangan, transportasi, makanan, hingga sewa kos yang murah tentu akan sangat membantu mengalokasikan uang saku untuk keperluan kuliah dan kebutuhan lain hidup lainnya.

Banyak orang mengatakan bahwa Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar dengan biaya hidup termurah untuk mahasiswa ? Ada juga yang mengatakan bahwa Jakarta adalah kota dengan biaya termahal di Indonesia? 

Apa benar jogja dan Jakarta merupakan kota di indonesia dengan biaya hidup termurah dan termahal di Indonesia ?.

Survei Biaya Hidup (SBH) Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2012 mencatat, Jakarta rupanya memang kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. 

Di Jakarta, Biaya hidup satu orang yang berkeluarga bisa mencapai sekitar Rp 2,5 juta - Rp 5 juta, tergantung gaya hidup. Sedangkan biaya hidup satu keluarga dengan dua anak dapat mencapai Rp 7,5 juta. Apalagi. Bagaimana dengan 2022 saat ini ? Tentunya kisaran 5-10 juta untuk satu keluarga.


But, bila sobat mendapatkan beasiswa kuliah S1 atau S2, maka sobat tak perlu memikirkan uang kuliah. Namun, biaya hidup untuk kos dan makan perlu difikirkan yaa. 

Nah, Sebelum memetakan rencana untuk pindah dan kuliah di luar kota, ada baiknya sobat mengetahui kota-kota lain dengan biaya hidup murah. Barangkali ini bisa menjadi informasi penting sebelum sobat mulai mendaftar kuliah di kota-kota pelajaran di Indonesia. 

Dikutip dari lembaga konsultan pendidikan SUN Education, berikut daftar kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia:

5 Kota Di Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah, Rekomendasi untuk Mahasiswa

Perlu sobat ketahui bahwa kota-kota di indonesia dengan biaya hidup termurah yang akan disebutkan dibawah ini, dicatat berdasarkan biaya hidup kos, makan dan keberadaan kampus terbaik. Sehingga informasi ini bisa membantu calon mahasiswa untuk memilih kampus terbaiknya dengan biaya hidup yang murah. Simak deretan kota di indonesia dengan biaya hidup murah berikut ini :

1. Yogyakarta


Ternyata betul, Yogyakarta memang termasuk dalam daftar kota di indonsia yang biaya hidup termurah. Sobat masih bisa menemukan banyak makanan di Jogja dengan harga di bawah Rp 10.000 per piring.

Biaya kos di Jogja berkisar Rp 300.000 - Rp 700.000, setengah dari rata-rata biaya indekos di Jakarta dengan fasilitas sama. Total biaya hidup di Jogja per bulan berkisar Rp 1 juta - Rp 1,5 juta.

Jika sobat mengincar kuliah di Jogja, ada beragam pilihan universitas terbaik di Indonesia. 

Berikut daftar Universitas terbaik di Jogyakarta: 

  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Negeri Yogyakarta
  • Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta
  • Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Universitas Islam Indonesia, Universitas Ahmad Dahlan
  • UPN Veteran Yogyakarta, dan lainnya
Jogja juga menjadi salah satu kota mahasiswa, hal itu dikarenakan banyaknya perguruan tinggi negri dan swasta.

2. Solo


Solo juga dikenal dan termasuk dalam daftar kota dengan biaya hidup termurah untuk mahasiswa. Biaya hidup di Solo, Jawa Tengah berkisar Rp 1,5 juta per bulan, dengan biaya kos, harga makanan, dan ongkos transportasi kurang-lebih sama dengan Yogyakarta.

Kota yang bernama resmi Surakarta ini menjadi lokasi beberapa universitas terbaik di Indonesia

Berikut daftar universitas terbaik di solo : 

  • Universitas Negeri Sebelas Maret Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta
  • Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Universitas Surakarta
  • Universitas Islam Batik.

3. Cirebon


Bila sobat tertarik hidup di Jawa barat, sobat bisa kuliah di Cirebon. Cirebon merupakan salah satu kota di indonesia dengan biaya murah buat mahasiswa di Jawa Barat. Biaya hidup di Cirebon berkisar Rp 1,5 juta - Rp 2 juta, itu sudah termasuk sewa kamar, uang makan, serta transportasi.

Biaya kos di Cirebon untuk mahasiswa berkisar Rp 500.000 - Rp 800.000. Adapun biaya makan sekitar Rp 200.000 - Rp250.000 per minggu.

Berikut daftar kampus terbaik di cerbon : 

  • Universitas Swadaya Gunung Djati
  • Universitas 17 Agustus 1945
  • Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon.

4. Banyuwangi


Tak hanya Jawa barat dan Jawa, Banyuwangi juga masuk dalam deretan kota di indonesia dengan biaya murah. Biaya hidup di Banyuwangi untuk mahasiswa sekitar Rp 1 juta - Rp 1,5 juta per bulan, dengan biaya minimum sekitar Rp 800 ribu per bulan.

Universitas Airlangga, salah satu universitas terbaik di Indonesia juga punya kampus di Banyuwangi. Bila sobat menyukai olahraga, sobat bisa kuliah di Banyuwangi, karena Disini mempunyai kampus yang menyediakan jurusan untuk olahraga. 

Berikut daftar kampus di kota Banyuwangi : 

  • Politeknik Negeri Banyuwangi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi
  • Universitas Bakti Indonesia.

5. Jember


Tetanggaan dengan banyuwangi, Kota Jember juga masuk dalam deretan kota di indonesia dengan biaya hidup murah untuk mahasiswa. Kota ini seringkali disebut sebagai kota pandalungan, karena perpaduan bahasa jawa dan madura yang dipakai sehari-hari oleh masyarakat jember. 

Biaya hidup di jember terhitung murah, untuk biaya kos perbulan 1 orang berkisar 250-400 ribu. Fasilitas yang disediakan juga sangat nyaman. Sedangkan biaya makan perbulannya sekitar 500 - 800 ribu. Jumlah ini terbilang murah, karena di jember masih banyak warung makan yang mematok harga 5.000 rupiah. Tentu ini sangat rekomended sekali untuk mahasiswa

Kampus yang tersedia di kota jember juga masuk dalam deretan kampus terbaik di indonesia. Maka tak heran apabila kota ini sering disebut sebagai kota mahasiswa di jawa timur.

Berikut ini daftar kampus terbaik di kota jember :

  • Universitas Jember ( UNEJ )
  • Universitas Islam Negri KH. Achmad Siddiq ( UIN Khas Jember )
  • Universitas Islam Jember ( UIJ )
  • Politeknik Negri Jember ( Poltek )
  • Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala ( STIE Mandala )
Dan masih banyak lagi kampus swasta lainnya yang berada dibawah naungan pesantren

6. Metro


Salah satu kota termurah untuk biaya hidup ialah Kota Metro yang terletak di Lampung. Salah satu kota dengan biaya termurah di Indonesia ini memiliki biaya sewa kamar sekitar Rp 350 ribu per bulan. Biaya makan di Metro per bulan berkisar Rp 600-800 ribu sehingga total biaya hidup di Metro diestimasi kurang dari Rp 1,5 juta.

Berikut daftar kampus yang ad di Metro : 

  • Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro
  • Universitas Muhammadiyah Metro
  • STKIP PGRI Metro
  • Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU) Metro Lampung.
Beberapa kota di indonesia yang telah disebutkan diatas merupakan kota dengan biaya hidup murah, namun perlu sobat pahami bahwa kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia ini bisa bervariasi sesuai gaya hidup, kebutuhan, dan latar belakang ekonomi.

Pilihlah kota yang memiliki kampus-kampus terbaik di Indonesia, dan tentunya budget perbulannya juga terlalu besar. Sehingga sobat bisa memanfaatkan uang saku kuliah untuk kebutuhan ngopi dan lainnya. 

Itulah Informasi yang bisa Mimin berikan terkait Kota-kota di Indonesia dengan biaya hidup murah, bisa juga menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan S1, S2 dan S3. Semoga artikel ini bermanfaat dah semoga sukses

Posting Komentar untuk "6 Kota Di Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah, Cocok Untuk Tempat Kuliah"