Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Negara Literasi, Penduduknya Suka Banget Baca Buku

Negara Literasi - Membaca buku adalah subuah kegiatan yang dapat menumbuhkan wawasan baru bagi siapa saja yang melakukannya. 

Keuntungan membaca buku tidak hanya untuk si pembaca saja, namun juga berdampak kepada orang disekitarnya. Oleh sebab itu penting dilakukan sejak dini untuk gemar membaca buku. 

Dimasa digital ini, semua kebutuhan serba praktis, salah satunya termasuk Buku. Buku saat ini banyak  dikemas dalam bentuk online, sehingga dapat memudahkan semua orang yang ingin membacanya. Tidak perlu pergi ke perpustakaan, cukup melalui Gadget saja sudah bisa membaca buku.

Baca juga10 Desa Terindah Di Dunia, Memiliki Panorama Layaknya Dunia Dongeng

Kutu buku biasanya digemari oleh para pelajar, sehingga tak heran apabila pelajar yang suka membaca buku memiliki tingkat literasi tinggi. Namun bagaimana jikalau orang yang suka membaca buku bukan hanya pelajar saja, tapi satu negara. Serius nih ? 

Yap Betul, ada 7 negara yang penduduknya suka banget baca buku loh, auto jadi negara literasi nih.

7 Negara Literasi, Penduduknya  Suka Banget Baca Buku


7 Negara Literasi, Penduduknya  Suka Banget Baca Buku. 

The World's Most Litarate Nations ( WMLN ) telah merilis daftar panjang negara-negara dengan peringkat literasi didunia. Penelitian ini dilakukan oleh Jhon W. Miller, Presiden Central Connecticut State University, New Britain. Siapa sajakah negara literasi didunia ? Kira-kira indonesia termasuk gak ya ? mari kita simak

Finlandia

Finlandia menjadi tingkat literasi tertinggi didunia. Sistem pendidikannya memang diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia. 

Di Finlandia terdapat fasilitas perpustakaan di mana-mana, mulai dari sekolahan, perkuliahan, pusat kota, dan desa-desa semua ada perpustakaan. Perpustakaan di finlandia dikelola sangat serius oleh pemerintah, dengan menyediakan tempat yang nyaman dan program kreatif penuh inovasi.

Sehingga perpustakaan di finlandia menjadi tempat tujuan favorit penduduk disana. Hal ini juga menjadikan penduduk finlandia beranggapan tidak alasan untuk tidak sempat membaca. 

Selain itu, kebiasaan masyarakat finlandia terkait budaya membaca yaitu diwariskan secara turun menurun melalui dongen sebelum tidur, tujuannya adalah untuk membentuk karakter positif.

Belanda

Belanda menjadi salah satu negara literasi di dunia. Pemerintah belanda membuat sistem yang mendorong generasi mudanya untuk suka membaca. Sejak umur 4 bulan, bayi-bayi dibelanda sudah didaftarkan untuk menjadi anggota perpustakaan. 

Kebiasaan membaca di belanda sudah ditumbuhkan sejak masih anak-anak. Maka tak heran apabila penduduknya cerdas-cerdas yaa.. 

Swedia

Negara selanjutnya ada swedia. Masyarakat swedia juga memiliki budaya yang unik untuk membaca. Mereka senang meninggalkan buku yang telah dibaca ditempat tertentu dan meninggalkan cacatan kecil bertuliskan " apakah kamu mau membaca buku ini ? .  tujuannya adalah untuk berbagi ilmu agar dibaca oleh orang lain.

Selain ditempat umum, pemerintah swedia telah menyediakan tempat khusus yang menampung 410.000 lebih berbagai macam buku dengan fasilitas mewah. Membuat siapa saja yang berkunjung betah berlama-lama sambil membaca.

Jepang

Masyarakat jepang mempunyai kebiasan unik tentang membaca yaitu budaya tachiyomi, yakni membaca buku di toko buku secara gratisan sambil berdiri. 

Hal ini terdengar aneh, tapi kebiasaan inilah yang membuat masyarakat jepang gemar membaca buku. Di jepang membaca buku tidak dibatasi usia, baik anak muda dan orang tua semuanya bisa melakukan budaya tachiyomi.

China

China tidak kalah ketinggalan, para penduduk china sangat suka membaca buku. Terbukti disalah satu kota Shanggai penduduknya terhitung telah meminjam 80 juta kali lebih dari perpustakaan.

Ini masih satu kota saja sob, bagaimana dengan kota yang lain ? tidak jauh beda tingkat literasinya

Hongkong

Dikutip dari okezone, ternyata penduduk hongkong juga gemar membaca buku. Hal ini terbukti karena banyak perpustaakn umum yang didirikan kota-kota di hongkong selalu ramai pengunjung.

Tentu tidak hanya lihat-lihat saja ya sob, mereka menghabiskan waktunya untuk menambah wawasan baru dengan membaca.

Australia 

Reading Challenge adalah sebuah program yang diluncurkan oleh pemerintah bagi orang tua agar bisa menumbuhkan budaya membaca kepada keluarga terlebih khusus pada anaknya. 

Bila berkunjung ke australia sobat akan menemui perpustakaan yang tersebar disudut-sudut kota. Penduduk di fasilitasi sebuah perpustakaan umum agar tingkat literasi penduduk australia terjaga dan semakin meningkat.

Itulah sob 7 negara literasi dengan tingkat penduduk yang suka banget membaca buku. Indonesia masih belum termasuk yaa. karena di indonesia tingkat literasi masih minim, penduduknya kurang suka membaca. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Baca juga artikel terkait : 

Posting Komentar untuk "7 Negara Literasi, Penduduknya Suka Banget Baca Buku"