Daftar Negara Maju di Asia, Apakah Indonesia Termasuk ?

Daftar Isi
Selain di eropa, asia juga memiliki banyak negara maju baik dari sektor ekonomi, pendidkan dan infrastruktur pembangunan lainnya. Perlu diketahui sobatku, negara-negara maju diasia memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara berkembang di sekitarnya. Hal ini tidak lain karena adanya diplomasi kerjasama antar negara.

Sebagaimana yang mimi kutib dari gramedia.com ada banyak keuntungan hasil kerja sama antar negara diantaranya yaitu :
  • Mempererat Hubungan Persahabatan.
  • Menciptakan Perdamaian Dunia.
  • Dapat Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.
  • Memperluas Tenaga Kerja.
  • Meningkatkan Kemajuan di Berbagai Bidang.
  • Untuk Melengkapi Kebutuhan Negara.
  • Mencegah Terjadinya Konflik.
Selain itu, menurut beberapa study "negara-negara maju memperoleh keuntungan dengan memanfaatkan rezim Hak Kekayaan Intelektual sebagai sarana melindungi teknologi dan kreasi intelektual mereka, termasuk teknologi yang digunakan dalam memanfaatkan pengetahuan tradisional,

Menurut bank dunia, negara yang memiliki pendapatan minimal US$11.906 per tahun atau lebih bisa disebut sebagai negara maju. Kira-kira Indonesia masuk gak ya ? coba kita simak dulu dibawah ini

Daftar Negara Maju di Asia 

Daftar Negara Maju di Asia, Apakah Indonesia Termasuk ?

Dikutip dari tempo.co berikut 13 daftar negara maju berdasarkan Human Development Index (HDI) yang dimiliki oleh masing-masing negara maju.

1. Singapura

Negara dengan luas wilayah 734,3 km persegi ini merupakan negara maju dengan standar hidup yang tinggi berdasarkan Human Development Index (HDI) yang dimiliki. 

HDI Singapura menjadi nilai tertinggi dibanding negara maju Asia lainnya dengan nilai 0.925. Singapura terkenal dengan fasilitas kesehatannya yang sangat baik, keamanan, transportasi publik, hingga pendidikan yang berkualitas 

Pendapatan per kapita negara Singapura juga salah satu yang tertinggi di dunia yaitu $82,762. Singapura juga memiliki jumlah GDP (Gross Domestic Product) sebesar $452.686B. 

2. Jepang

Jepang dengan luas wilayah 377.915 km persegi ini menjadi salah satu negara maju di Asia. Pendapatan per kapitanya juga sangat tinggi yaitu $38.216. Hasil yang diperoleh dari sektor otomotif, budaya, anime, teknologi, hingga sektor industri. 

Jepang memiliki GDP sebesar $4.843B. Jepang juga terkenal akan kualitas pendidikan yang sangat baik dan sumber daya manusia yang sangat dihargai. 

Negara dengan ibukota Tokyo ini memiliki nilai HDI sebesar 0.903, nilai yang sangat tinggi untuk mengukur indeks pembangunan manusia suatu negara. 

3. Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu wilayah khusus negara China. Meskipun begitu, Hong Kong memiliki otonominya sendiri yang membuat negara ini dapat berdiri sendiri dan tidak tergabung dalam otonomi negara China. 

Hong Kong menjadi salah satu pusat perekonomian dunia dengan pendapatan  per kapita sebesar $56.428 dan GDP sebesar $412.300B. 

Hong Kong juga memiliki nilai HDI sebesar 0.910 menjadikan negara ini menempati posisi ke 4 dengan nilai HDI terbaik di dunia. 

Ini membuktikan bahwa indeks pembangunan manusia di Hong Kong sangat tinggi. Hong Kong menjadi daerah di China dengan gedung pencakar langit terbanyak di dunia dan terkenal sebagai sebuah negara yang modern, metropolis, dan simbol status sosial yang tinggi.

4. Korea Selatan

Negara dengan luas wilayah 100.210 km persegi ini terkenal dengan sektor industri dan teknologi yang sangat maju. Industri hiburan Korea Selatan sangat diminati oleh hampir seluruh negara di dunia menjadikan industri ini sebagai penyumbang terbesar pendapatan negara Korea Selatan. 

Sektor teknologi yang sangat maju dan terus berinovasi menjadikan teknologi negara ini terkenal di seluruh dunia. Korea Selatan memiliki pendapatan per kapita sebesar $36,601 dan jumlah GDP sebesar $1.854T. Korea Selatan memiliki HDI sebesar 0.901 yang membuktikan bahwa indeks pembangunan manusia di Korea Selatan sangat baik. 

5. Israel 

Negara yang memiliki luas wilayah 20.770 - 22.072 km persegi ini merupakan salah satu negara maju di Asia. 

Israel merupakan salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi yaitu sebesar $35.658 dan jumlah GDP $286.840B. Pendapatan utama negara ini adalah industri ekspor obat-obatan, perangkat lunak, teknologi militer, bahan kimia, dan intan. 

Selain itu, sektor pariwisata juga menjadi industri yang penting bagi negara ini. Nilai indeks pembangunan manusia di Israel juga sangat tinggi yaitu sebesar 0.899. 

6. Arab Saudi

Negara yang memiliki luas wilayah 2.149.690 ini merupakan negara yang menjadi pusat Agama Muslim di seluruh dunia. 

Negara dengan ibukota Riyadh ini memiliki pendapatan per kapita yang tinggi sebesar $53.149 dan jumlah GDP sebesar $1.668T. 

Pendapatan yang begitu besar ini didapatkan dari sumber daya minyak dan cadangan alam yang dimiliki oleh negara ini. Arab Saudi memiliki HDI sebesar 0.847. 

7. Uni Emirat Arab 

Meskipun namanya memiliki unsur yang sama, Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab adalah dua negara yang berbeda. Uni Emirat Arab dengan luas wilayah 83.600 km persegi ini terkenal dengan negara dengan bentuk monarki di kawasan Asia. 

Sumber pendapatan utama UAE adalah sektor gas alam dan minyak. UAE menjadi salah satu negara penghasil minyak dunia. 

Pendapatan per kapita negara ini adalah sebesar $65.037 dan jumlah GDP $643.846B. Negara yang beribukota di Abu  Dhabi ini memiliki indeks pembangunan manusia (HDI) sebesar 0.840. 

8.  Brunei Darussalam

Brunei Darussalam merupakan negara maju di kawasan Asia Tenggara setelah Singapura. Negara dengan sistem Kesultanan ini memiliki pendapatan perkapita yang tinggi sebesar $50,440 berkat sektor petroleum dan gas alamnya dan GDP sebesar $21.907B. 

Negara yang memiliki luas wilayah 5.765 km persegi ini menjadi salah satu negara terkaya di kawasan Asia Tenggara. Brunei juga dikenal sebagai negara yang sama sekali tidak memiliki utang luar negeri. Brunei memiliki nilai HDI sebesar 0.865. 

9. Qatar 

Negara yang beribukota di Doha ini memiliki luas wilayah 11.586 km persegi. Qatar menjadi negara terkaya di seluruh dunia dan memiliki pendapatan per kapita yang sangat tinggi yaitu sebesar $145.894 dan GDP $298.4B. 

Angka ini didapatkan dari minyak dan cadangan gas yang menjadi sektor utama negara Qatar. Indeks pembangunan manusia (HDI) di Qatar memiliki nilai 0.856. 

10. Taiwan

Taiwan yang beribukota di Taipei ini juga masih merupakan bagian dari wilayah negara China. Negara dengan luas wilayah 36.193 km persegi ini terkenal dengan industri elektronik, manufaktur, mesin, dan baja yang terus berkembang setiap tahunnya. 

Industri ini juga merupakan sumber pendapatan utama negara ini. Taiwan memiliki nilai HDI sebesar 0.882. 

11. Makau

Sama seperti Hong Kong dan Taiwan, Makau juga merupakan bagian dari wilayah negara China. Negara dengan luas wilayah 115 km persegi ini menjadi salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia yaitu sebesar $32,482 dan GDP sebesar $24.04B. 

Sektor pariwisata, perjudian, dan ekspor menjadi industri utama negara ini. Makau memiliki nilai indeks pembangunan manusia dengan nilai 0.905. 

Angka yang sangat tinggi ini membuktikan bahwa pembangunan manusia dan angka harapan hidup negara ini sangat tinggi menjadikan Makau sebagai negara maju. 

12. Bahrain 

Negara dengan luas 780 km persegi ini menjadi salah satu negara maju yang ada di Asia. Negara yang beribukota di Manama ini merupakan salah satu negara terkecil dengan populasi penduduk yang sedikit. 

Bahrain memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat baik sehingga dapat menjadikannya sebagai salah satu negara maju di Asia. Pendapatan utama negara ini adalah dari hasil ekspor yang bersumber dari produksi dan pengolahan minyak. 

Bahrain memiliki pendapatan perkapita sebesar $60.720 dan GDP sebesar $44.38B. Bahrain memiliki nilai indeks pembangunan manusia yang tinggi yaitu sebesar 0.824. 

13. Kuwait 

Kuwait memiliki luas wilayah 17.820 km persegi yang berada di Semenanjung Arab.  Kuwait memiliki sumber pendapatan yang bersumber dari sektor minyak bumi yang menjadikannya sebagai negara kaya. 

Selain minyak bumi, sumber pendapatan negara Kuwait juga berasal dari manufaktur baja. Kuwait juga salah satu negara yang memiliki pendapatan per kapita tinggi yaitu $41,080 dan GDP $175.36B. Nilai indeks pembangunan manusia Kuwait juga tinggi dengan nilai 0.816. 

Demikian info daftar negara-negara maju di asia yang bisa kita sajikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung. 

Baca juga innformasi menarik lainnya :


Posting Komentar