Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Optimasi Permalink pada Blogspot agar menjadi SEO Friendly

Optimasi permalink – Membuat blog yang SEO Friendly juga tidak lepas dari optimasi permalink. Hal ini biasa dilakukan ketika hendak memposting artikel agar dapat diakses dimesin penelusuran google ( search engine ).

Optimasi Permalink pada Blogspot

Ada banyak blog yang membahas artikel dengan topik yang sama. Namun, dari banyaknya artikel tentu permalinknya akan berbeda. Oleh karenanya bagi seorang publisher hendaknya mengoptimalkan permalink agar artikel yang di tulis dan di posting bisa mendapatkan tempat teratas atau biasa disebut dengan page one google.

Jika sobat adalah seorang blogger pemula, tentunya ada banyak hal yang harus dipelajari tentang dunia bloging. Salah satunya adalah optimasi permalink.

Setelah mempelajari banyak hal tentang cara-cara program blogging, maka kemudian nantinya dapat diterapkan untuk membangun blog atau website yang berkualitas dan banyak dikenal oleh khalayak umum.

Siapa yang tidak ingin mempunyai blog yang terkenal ? Semuanya pasti ingin, tapi tak semua bisa menggapainya. Untuk bisa membuat blog yang sukses seperti para master Bloggers, semuanya menggunakan Optimasi SEO. Salah satunya dengan cara melakukan Optimasi Permalink di blogspot.

Pada tulisan ini saya akan jelaskan sedetail mungkin agar dapat membantu sobat blogger dalam mengembangkan blognya. Namun, sebelum membahas cara mengoptialkan permalink, ada baiknya jika sobat memahami pengertian permalink dan cara kerjanya terlebih dahulu. Gunanya untuk memudahkan sobat dalam mengoptimalkan permalink nantinya.

Baca juga : cara membuat logo favicon agar muncul di google

Sebenernya jika kita membahas permalink, tentu tidak akan lepas dari pengertian URL juga. Karena URL dan permalink merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Agar lebih jelasnya silahkan sobat baca pengertian selanjutnya.

Pengertian URL


Uniform Resource Locator atau biasa disebut dengan URL ialah alamat perujuk untuk mengakses suatu website agar dapat ditemukan oleh pencari.  Lebih mudahnya ialah sebuah alamat website. Ketika sobat hendak membuka sebuah website atau blog, maka akan memasukkan sebuah URL, contohnya https://www.cahsantri.com/, secara otomatis akan tampil blog cahsantri.com

Ketika sobat membuka blog dengan URL seperti contoh diatas, maka yang akan muncul adalah halaman utama dari blog tersebut. Tapi, jika sobat ingin membuka halaman tertentu didalam blog tersebut, maka akan muncul tambahan kata di belakang URL utama. Contohnya : https://www.cahsantri.com/20/08/cara-membuat-tos-di-blog.html

Untuk memahami lebih jelas lagi, sobat harus memahami pula pengertian permalink berikut

Pengertian Permalink


Permalink merupakan singkatan dari Permanen Link yaitu URL yang mengarah pada suatu halaman tertentu yang dimiliki oleh setiap blog agar dapat ditemukan oleh pengguna internet. Permalink memang sengaja dibuat untuk halaman yang didalamnya berisi artikel agar dapat di akses dan dibaca oleh orang yang mencari artikel tersebut.

Disebut permanen link karena link ini sifatnya permanen atau tetap tidak bisa di ganti setelah membuatnya. Jika link tersebut diganti akan dianggap sebagai link baru, dan tentunya artikelnya pun dianggap sebagai artikel yang baru oleh mesin pencari google  meskipun artikelnya sama.

Contoh URL : https://www.cahsantri.com/

Contoh Permalink : https://www.cahsantri.com/20/08/cara-membuat-tos-di-blog.html

Melihat dua  contoh diatas, jelas dapat diketahui bahwa URL dan permalink sedikit berbeda. Pada permalink akan teradapat tambahan kata dibelakang URL utama, sehingga dapat dengan mudah membedakan antara URL dan Permalink.

Lihat letak permalink pada gambar dibawah

Optimasi Permalink pada Blogspot

Fungsi Permalink


Ada banyak sekali fungsi yang akan didapatkan oleh sebuah website atau blog jika mengoptimalkan permalink. Seperti yang dikatakan diatas kalimat, fungsi pertama yaitu dapat memudahkan pengunjung untuk masuk ke halaman tertentu yang di dalam blog atau website. Sehingga dengan adanya permalink pengunjung tidak perlu repot-repot menelusuri satu persatu halaman yang diinginkan.

Fungsi kedua permalink ialah juga dapat membedakan antara satu link dengan link lainnya. Setiap postingan tentu akan memiliki permalink masing-masing. Jadi, untuk memudahkan akses masing-masing halaman, maka dibuatlah permalink yang berbeda.

Fungsi yang ketiga yaitu Memberikan SEO pada artikel-artikel yang ada didalam website atau blog. Dengan memberikan permalink pada postingan artikel, maka akan memudahkan mesin pencari seperti google dalam menemukan artikel dari keyword yang dibidik, dan secara otomatis akan diarahkan kepada website atau blog yang memuat artikel dengan keyword tersebut.


Optimasi Permalink untuk Blogspot


Bagi sobat blogger yang menekuni dunia blogging dengan menggunakan platform Blogspot pasti akan menjumpai permalink ketika hendak mempublish suatu artikel yang telah disiapkan. Sebenarnya untuk setiap artikel yang sudah di generate secara otomatis akan mempunyai permalink. Ada dua pilihan permalink yang dapat sobat gunakan untuk satu artikel. Pertama ialah permalink otomatis dan kedua permalink khusus.

Perbedaannya apa mas ? Berikut penjelasannya

Permalink otomatis ialah URL permalink  yang secara otomatis dengan menyesuaikan dengan judul artikel dan tidak bisa di rubah atau di edit.

Permalink khusus ialah URL permalink yang menyesuaikan dengan judul dan dapat di ubah sesuai dengan keinginan sobat.

Tamabahan : setiap spasi pada judul artikel akan diganti menjadi dashes ( - ).

Untuk menjadikan blog dengan artikel-artikel yang SEO, sehingga dapat menaikkan rangking blog di mesin penelusuran google, maka perlu kiranya untuk mengoptimalkan permalink.

Pertanyaan yang sering ditanyakan ialah mengapa permalink harus di optimasi ? apakah penting ? bukannya permalink sudah terbuat secara otomatis ?

Ada beberapa alasan yang menjadi jawaban dari pertanyaan tersebut. Sehingga menjadi penyebab kenapa peramalink sangat perlu di optimalkan.

Baca juga : cara mudah memasang tombol share media sosial di Blogspot

1. Memudahkan permalink untuk dibaca


Blogspot dan wordpress sangat berbeda, dalam hal permalink saja tentu tidak akan sama. Permalink pada blog berplatform blogspot akan menyesuaikan dengan judul artikel yang digunakan. Dan terkadang jika judul artikel yanag digunakan panjang, maka permalinknya hanya akan menampilkan beberapa kata saja, dan secara otomatis akan membuang beberapa kata lainnya.

Oleh sebab itu sobat blogger harus mengoptimalkan peralink untuk masing-masing artikel agar menjadi artikel dengan permalink yang SEO.

2. Membuat permalink menjadi lebih simple


Strukturkode dalam blognya menjelaskan bahwa salah faktor SEO on page yang tak kalah pentingnya ialah membuat permalink sependek dan seimple mungkin. Uasahakan permalink terdiri dari  sampai 4 suku kata. Hal ini terbukti dengan artikel yang dibahas oleh struksturkode.com menempati rankking satu google dengan keyword SEO on page.

Rasanya tidak mungkin membuat permalink otomatis mengikuti teks judul, karena jika judulnya panjang maka permalink akan menyamainya. Untuk itu libatkan SEO on page untuk blog dengan optimasi permalink sesimple dan sependek mungkin.

3. Meletakkan kata kunci ( keyword ) artikel


Selain dari dua alasan diatas, permalink juga dapat digunakan untuk mengoptimalkan SEO on page pada artikel yang dimiliki oleh sebuah blog. Jika sobat blogger terbiasa meletakkan keyword didalam artikel dan di judul artikel, ternyata ada tambahan tempat yang dapat menjadikan artikel sobat ditemukan oleh mesin penelusur google.

Dengan meletakkan keyword didalam permalink, maka kemungkinan besar artikel yang dibidik dengan keyword tertentu dapat ditemukan dan menempati page one google oleh search engine.

Contohnya sobat membuat artikel dengan judul “  Cara Optimasi Permalink pada Blogspot  agar menjadi SEO Friendly “ dengan membidik keyword “ optimasi permalink blogspot “. Untuk meletakkan keyword pada permalink, maka optimalkan permalink yang awalnya mengikuti judul artikel dengan mengganti dengan keyword yang dibidik. Sehingga nantinya permalink akan menjadi seperti ini :

Httsp://namabloganda.com/optimasi-permalink-blogspot.

optimasi-permalink-blogspot. Adalah kata kunci yang dibidik dan diletakkan di dalam permalink.

Tapi, jika sobat ingin membuat permalink menjadi lebih dominan, maka juga bisa menambahkan kata depan yaitu " cara ". Itu bisa sobat gunakan jika artikel yang sobat bahas berupa tutorial dan sejenisnya. Karena memang kebanyakan orang jika mencari sebuah trik ataupun tutorial, banyak menggunakan kata " cara " ketika mencarinya.

Cara Optimasi Permalink agar menjadi SEO Friendly


Blogspot memang berbeda dengan wordpress, fitur yang tersedia di blogspot tak selengkkap di wordpress. Namun, jika sobat mengoptimalkan keterbatasan tersebut, bukan tidak mungkin blog sobat akan bersaing dengan website berplatform wordpress.

Sebenarnya mengoptimalkan permalink pada blogspot cukuplah mudah, karena blogspot sudah menyediakan fasilitasannya. Untuk membuat permalink menjadi SEO Friendly sebaikknya sobat lakukan sebelum artikel di publish. Karena sekali sobat membuat permalink pada artikel baru, maka tidak akan dapat merubahnya lagi.

Berikut langkah-langkah mengoptimalkan permalink di blogspot


  • Buatlah artikel dengan dengan jumlah minimal 300 kata
  • Letakkan keyword pada didalam artikel dan judul
  • Jika artikel telah selesai di edit, selanjutnya sobat klik menu yang ada di sebelah kanan
  • Isi label sesuaikan dengan artikel
  • Lalu isi juga jadwal publish.

Kemudian sobat akan diberikan pilihan dua tautan permalink yaitu tautan permanen otomatis dan tautan permanen khusus. Untuk mengoptimalkan permalink, silahkan sobat pilih tautan permanen khusus.

Optimasi Permalink pada Blogspot

Cara mengoptimalkan ialah :

  • Buat permalink sependek dan sesimple mungkin
  • Masukkan keyword kedalam permalink
  • Gunakan tanda dashes ( - ) sebagai pengganti spasi

Contohnya :

Judul : Cara Optimasi Permalink pada Blogspot  agar menjadi SEO Friendly

Permalink khusus :  Optimasi-Permalink-Pada-Blogspot

Jika sobat menambahkan kata " cara " didepan kata, maka permalink akan menjadi seperti ini

Cara-Optimasi-Permalink-Pada-Blogspot

Maka hasilnya akan menjadi seperti contoh diatas. Dengan begitu permalink artikel menjadi lebih mudah dibaca dan juga terdapat keyword didalamnya. Sehinnga nantinya dapat menjadikan artikel direkomendasikan oleh mesin penelusuran google dengan keyword tersebut.

Tambahan : Jika terjadi eror, coba periksa ulang kata dan tandanya.

Jika kebetulan sobat baru saja memahami optimasi permalink. Sedangkan blog sobat memiliki puluhan bahkan ratusan postingan, dan ingin merubah permalink dari beberapa artikel agar lebih SEO. Pertanyaannya adalah apakah bisa mengganti permalink yang sudah dibuat ? simak caranya dibawah


Cara mengganti permalink lama dengan permalink baru


Memang mengganti permalink lama dengan yang baru sangatlah bisa. Namun, konsekuensinya permalink akan dianggap sebagai permalink dan artikel yang baru.

Maka dari itu banyak para blogger mengatakan kalau permalink tidak bisa di rubah. Karena memang jika mengganti permalink akan dianggap baru oleh google. Tentunya permalink yang baru harus di indek ulang di google webmaster tools agar permalink yang baru dapat muncul di penelusuran google.


Berikut cara mengganti permalink lama dengan yang baru :


  • Silahkan masuk ke dasbor blogger
  • Kemudian klik postingan > lalu pilih artikel mana yang ingin diganti permlinknya
  • Lalu klik Edit pada postingan yang ingin diganti > lalu klik kebalikan ke draf
  • Lalu klik tautan permanen, secara otomatis permalink akan bisa di edit seperti ketika pertama kali membuat artikel
  • Silahkan edit dan ganti permalink sesuai keinginan sobat
  • Jika sudah selesai, silahkan klik publikasikan

Jangan lupa untuk indek ulang permalink di google webmaster tools atau google seacrh console. Hal ini penting untuk dilakukan karena permalink tersebut dianggap baru oleh google.

Dengan melakukan Optimasi Permalink pada blog berplatform blogspot, maka akan menjadikan blog menjadi SEO Friendly. Sehingga dapat juga menaikkan rankking artikel di mesin penelusuran google dan tentunya mendapatkan banyak visitor organik.

Baca juga : Tips Membuat Logo Keren dan Menarik untuk Blog dengan mudah

Itulah pembahasan mengenai Optimasi Permalink yang mudah-mudahan dapat membantu sobat blogger dalam mengembangkan blognya. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Posting Komentar untuk "Cara Optimasi Permalink pada Blogspot agar menjadi SEO Friendly"