Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Riset Keyword ? Berikut Pengertian dan Cara Melakukannya

Cara riset keyword - Saat membuat konten website riset kata kunci sangatlah penting, Namun sebagian Blogger ada masalah ketika melakukannya. Nah, Artikel ini akan mengulas tentang cara riset kata kunci yang benar untuk mendapatkan kata kunci yang potensial dan memperoleh banyak trafik.

Pengertian riset keyword dan beberapa hal yang harus diperhatikan

Sebelum masuk tentang bagaimana lakukan research keyword, sobat harus paham terlebih dahulu khususnya dahulu Pengertian riset keyword. 

Baca juga : 6 Daftar Niche Blog Paling Banyak Diminati dan Menguntungkan

Apa itu Riset Keyword

Riset keyword adalah sistem menentukan kata kunci apa yang sesuai untuk digunakan ketika membuat artikel di blog atau website.

Dengan melakukan riset, maka sobat blogger akan tahu apa saja kata kunci yang digunakan pengguna internet ketika melakukan pencarian di search engine layaknya Google, bing, dan sebagainya.

Ketika melakukan riset keyword atau mencari kata kunci, nantinya sobat akan mengetahui tentang kata kunci/artikel apa yang sedang banyak dicari orang saat ini. 

Dengan begitu, sobat bisa mendatangkan traffic yang tinggi dari satu keyword tersebut. 

Jenis kata kunci terbagi jadi 2 yaitu; Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword. Namun beberapa Blogger menjelaskan ada 4 yaitu Keyword abadi dan kata kunci musiman. Sampai Disini bisa dipahami ya sob.

Mengapa Riset Keyword Sangat Penting

Mungkin sobat akan bertanya, Seberapa penting riset keyword? Riset kata kunci sangatlah penting, dan sangat berguna untuk memilih kata kunci yang potensial atau topik apa saja yang banyak dicari orang di Google.

Saat sobat mengetahui topik yang apa saja yang banyak dicari orang di google, maka sobat blogger bisa membuat artikel yang berkualitas dengan menargetkan kata kunci tersebut. 

Baca juga : Keuntungan Jadi Blogger ditahun 2022

Melalui Riset inilah sobat juga bisa memperkiraan jumlah visitor yang melacak kata kunci dan melihat persaingan di search engine.

Namun, bila sobat tidak lakukan riset kata kunci maka sobat tidak akan tau jumlah pencarian dan tingkat kesusahan kata kunci yang sobat targetkan.

Sebagai contoh, sobat membuat konten dengan menargetkan kata kunci sesuai keinginan, Setelah sobat cek artikel yang sobat buat berada di page one hasil pencarian. Namun artikel selanjutnya tidak meraih trafik, Ketika sobat lihat ternyata kata kunci selanjutnya volume pencariannya rendah rendah.

Contoh Lainnya, Ketika sobat mentarget kata kunci “ Kemeja Pria ” maka akan muncul tingkat persaingan volume pencarian tentang kata kunci tersebut. 

Padahal kata kunci tersebut punya tingkat kesusahan yang tinggi dikarenakan tipe commercial kata kunci dan page one kebanyakan diisi oleh website marketplace seperti shopee, tokopedia, dll. Jadi sobat akan percuma membuat konten dengan kata kunci tersebut. 

Itulah penjelasan mengenai pentingnya melakukan riset keyword, Nah sebelum akan anda belajar langkah riset kata kunci anda perlu paham lebih-lebih dahulu hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat melakukan research kata kunci.

Baca juga : Cara menghasilkan uang jutaan rupiah dari satu blog saja | wajib coba

Terdapat beberapa hal yang Harus Diperhatikan ketika Melakukan Research keyword, Apa saja hal-hal tersebut ? Yuk kita simak penjelasannya

4 Hal yang harus dilakukan ketika melakukan riset keyword

1. Volume Pencarian 

Hal pertama yaitu volume pencarian, Saat melakukan riset sobat perlu melihat seberapa banyak orang yang pakai kata kunci tersebut. 

Biasanya kuantitas volume pencarian yang ditampilkan di tools riset kata kunci adalah kuantitas pencarian setiap bulan.

Sobat blogger bebas memilih kuantitas volume pencarian yang ditargetkan, Setidaknya volume pencarian diatas 500 perbulan. 

2. Keyword Difficulty 

Hal ini memperlihatkan tingkat ada problem sebuah kata kunci yang  berada di halaman pertama hasil pencarian. Semakin tinggi nilai KD-nya maka semakin sulit untuk berkompetisi di halaman satu google. Biasanya ditunjukkan dengan nilai 1-100.

Metrik ini sangat perlu diperhatikan, Pastikan tingkat kata kunci yang sobat targetkan rendah. Kecuali blog/website sudah miliki authority yang tinggi dan sanggup menargetkan kata kunci dengan KD yang besar.

Biasanya semakin tinggi KDnya maka semakin besar pula volume pencariannya. Untuk sobat blogger yang baru terjun di dunia blogging, Setidaknya menargetkan kata kunci dengan KD di bawah 20 dari skala 1-100.

Baca juga : Langkah awal menjadi seorang blogger profesional [ Edisi 2021]

3. Keyword Suggestion

Hal ini memperlihatkan kata kunci dari kata kunci utama yang sobat targetkan. Umumnya, hal ini akan memberikan petunjuk long tail kata kunci yang relevan dengan kata kunci yang ditargetkan.

Long tail kata kunci merupakan kata kunci yang mempunyai kandungan setidaknya tiga kata atau lebih. Sobat blogger bisa menjadikan kata kunci suggestion sebagai judul konten, kemudian long tail nya digunakan sebagai kata kunci yang berpotensi menarik lebih banyak pengunjung.

Keyword suggestion juga bisa dikatakan kata kunci variasi yang dapat dipakaidi dalam konten/artikel. Menerapkan long tail keyword/keyword variasi di dalam konten sangat direkomendasikan karena berpotensi mendapat lebih banyak pengunjung.

4. Search Engine Result Page 

SERP berguna untuk memantau dan memperlihatkan laman-laman yang menempati page one dihasil pencarian berdasarkan kata kunci yang sobat riset. Hal ini sangat berguna untuk melihat siapa saja yang berada di halaman satu google.

Dengan menggunakan empat hal yang telah dijelaskan diatas, sobat blogger akan mendapatkan riset keyword yang sesuai dengan target untuk mendatangkan traffic tinggi untuk perkembangan blog atau website. 

Nah, kemudian dalam melakukan riset keyword/kata kunci, sobat blogger membutuhkan yang namanya tools riset keyword. 

Tools ini ada yang bisa digunakan secara gratis dan ada juga yang berbayar. Untuk beberapa tools riset yang bisa digunakan, kami akan bahas pada artikel selanjutnya. 

Itulah sekian pembahasan mengenai riset keyword dan beberapa hal yang harus dilakukan ketika melakukan riset keyword. Selamat mencoba dan semoga sukses

Baca juga tutorial blogging lainnya :

Posting Komentar untuk "Apa Itu Riset Keyword ? Berikut Pengertian dan Cara Melakukannya"