Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah awal menjadi seorang blogger profesional [ Update 2022 ]

langkah awal menjadi blogger profesional

Mulai dari mana untuk menjadi seorang blogger ? mudah sekali. Untuk menjadi seorang blogger sobat hanya perlu memulai dengan beberapa langkah yang akan kami jelaskan dibawah ini

Tapi, sebelum itu sobat pastikan dulu, apakah sobat serius ingin jadi blogger ? jika serius, silahkan baca artikel ini sampai selesai

Baca juga : 10 keuntungan jika anda menjadi seorang blogger

Langkah awal menjadi seorang blogger di tahun 2022

  • Pertama. Tentukan topik/niche 
  • Kedua. Membuat blog/website
  • Ketiga. Membeli nama domain
  • Keempat. Menggunakan tema blog
  • Kelima. Banyak membaca
  • Keenam. Mulai menulis konten/artikel

Berikut penjelesan lengkap langkah-langkah awal menjadi blogger profesional

Tentukan topik/niche konten

Hal yang paling utama jika ingin menjadi seorang blogger, yaitu harus menentukan konten apa yang akan dibahas di blog. Topik ini sangat penting untuk dipikirkan sebelum membuat blog, karena topik inilah yang nantinya akan menjadi penentu berkembang tidaknya suatu blog.

Ada banyak konten yang bisa sobat bahas di blog, namun akan lebih bagus lagi jika blog sobat membahas satu niche/topik saja. Jangan membuat blog gado-gado yaitu membahas banyak topik. Hindari hal itu, karena blog tidak sama dengan sosial media yang bisa posting apa saja. 

Para master blogger mengatakan :

Satu topik yang anda bahas, akan menjadi ciri khas dari blog anda

Artinya, jika blog sobat membahas konten seputar olahraga, maka orang akan berkunjung lagi dan lagi ke blog sobat, dengan maksud ingin mendapatkan informasi terbaru seputar olahraga apa yang lagi trending dari blog sobat. 

Dengan begitu, blog sobat akan mudah berkembang dan dengan cepat sobat akan menjadi blogger yang sukses.

Membuat blog/website

Kenapa membuat blog admin letakkan pada urutan kedua ? iya, karena pengalaman pribadi setelah selesai membuat blog, ternyata blognya mangkrak alias tak terurus, penyebabnya dikarenakan bingung mau nulis konten apa ?. maka dari itu, hal utama yang harus sobat lakukan yaitu menentukan topik apa yang ingin dibahas kemudian mulai membuat blog. 

Dalam proses pembuatan blog atau website, ada tiga pilihan Plartfom yang dapat digunakan untuk membuat blog dan kemudian mengembangkannya. 

  • Menggunkan Blogger.com
  • Menggunakan Wordpress.com
  • Menggunakan Wordpress.org

Silahkan sobat pilih antara ketika platfom pembuatan blog atau website diatas. jika sobat bingung, saran admin sih untuk pemula lebih cocok pakek blogger.com. untuk cara membuatnya, baca disini : cara mudah membuat blog dari HP

Membeli nama domain

Apa itu domain ? simpelnya, nama domain itu alamat blog. Nama domain ini berfungsi untuk mengarakan kolom pencarian google/browser dan sejenisnya untuk menuju ke blog sobat. 

Selain itu, nama domain juga akan menjadi brand bagi blog sobat. Pengguna internet akan mengenali blog dengan nama domain tersebut. Oleh karena itu, termasuk langkah awal menjadi blogger yaitu menentukan nama domain apa yang akan digunakan untuk perkembangan blog nantinya. 

Tak hanya itu sih sob, Nama domain juga membantu blog sobat terlihat lebih profesional seperti kebanyakan blogger lainnya. Sobat harus memiliki brand atau ciri khas sendiri. 

Dimana bisa mendapatkan nama domain ? banyak tempat penyediaan nama domain sob, ada niagahoster.com rumahweb.com dan masih banyak lagi ya. seperti blog yang sedang baca ini menggunakan nama domain cahsantri.com yang admin beli di niagahoster.com

Untuk lebih jelasnya tentang domain sobat bisa baca disini : Cara memilih Nama Domain untuk blog dan situs web

Menggunakan tema blog

Apa itu tema blog ? secara gampangnnya, tema blog itu tampilan atau desain dari suatu blog. Tema blog juga disebut template blog. 

Kegunaan dari template blog ini yaitu tak lain adalah untuk memudahkan sobat dalam membangun blog seperti, proses editing, penyesuaian halaman, dan lain-lain. Semakin simpel atau sederhana template blog yang digunakan, maka proses editing akan semakin mudah. Lambat laun nanti pasti paham sendiri kok

Contohnya seperti apa mas ? biar lebih mudah paham, silahkan lihat dua gambar blog dengan template yang berbeda dibawah ini

langkah awal menjadi blogger profesional

Gambar yang pertama, menampilkan blog bernama cahsantri.com dengan template blog bernama Fiksioner.v.3 yang telah didesain oleh admin

Gambar kedua, menampilkan blog bernama teknopedia.blogspot.com dengan menggunakan template Viomagz.v.3.3.0 yang telah didesain 

Disini, Admin tidak akan mengulas tentang tempplate secara detail, namun setidaknya sobat sudah bisa memahami sedikit tentang template blog, Supaya ada pandangan dikit lah. Untuk lebih jelasnnya sobat bisa membaca artikel sebelah seputar template blog

Baca juga : Cara Mendesain Situs Web yang Bagus agar Disukai Banyak Pengunjung

Perbanyaklah membaca

Kenapa harus membaca sih ? saya paling males banget baca ! mungkin itu adalah jawaban tepat yang ada dipikiran sobat. Bila sobat sudah punya pikiran seperti itu, pikir-pikir lagi deh sob untuk jadi blogger, karena membaca itu kebutuhan dan menulis itu kewajiban. 

Memang membaca itu membosankan, tapi dari membaca itulah sebenarnya sobat akan mendapatkan banyak informasi dan ilmu baru yang tak pernah sobat ketahui. 

Jadi blogger itu harus banyak baca, karena kita akan memberikan informasi kepada pengguna internet. Kalau kita tidak baca, bagaimana kita mau menulis jika tidak ada pengetahuan yang mau dituliskan ?. maka dari itu perbanyaklah membaca 

Mulai menulis artikel 

Langkah selanjutnya untuk mulai mengembangkan blog yaitu mulai menulis konten atau artikel, perlahan saja tapi pasti. Buatlah konten minimal 1 hari sekali, kalau tidak mampu ya seditaknya seminngu itu nulis artikel 3-4 kali. Usahakan nulis dengan ketikan sobat sendiri, jangan copas artikel blog lain.

Artikel hasil buatan sendiri lebih membanggakan dari pada artikel hasil copas alias copy paste, meskipun jelek syukurin aja. Namanya pemula memang gitu.

Mulailah menulis pelan-pelan sambil belajar teknik-teknik menulis artikel yang baik dan benar. Saya gak tau nih mas cara nulis artikel ? maklum masih pemula memang begitu. 

Admin nulis artikel ini sendiri tanpa copas sedikitpun, karena belajar itu terus menulis-menulis dan menulis, sampai nanti tulisannya bagus, bukan diam aja sob.

Buat sobat yang ingin memulai menjadi blogger dan masih benar-benar awam dunia blogger, sobat bisa hubungi admin di nomer WA 085812760282. Admin akan bantu sobat mulai menjadi blogger dari nol sampai blognya jadi. Gratis ya gak dipungut biaya sepeserpun.

Baca juga : cara mulai menulis blog dengan sukses

Kesimpulan

Jadi blogger itu mudah asalkan dijalani, yang sulit itu banyak mikirnya. Lakukan enam langkah diatas untuk menjadi seorang blogger yang profesional.

Meskipun sebenarnya banyak sih yang harus dipelajari tentang dunia blogging, tapi untuk langkah awal admin rasa ini sudah cukup untuk bekal mengembangkan blog lebih bagus lagi.

Intinya, menjadi blogger itu harus banyak baca dan nulis,karena membaca itu kebutuhan dan menulis kewajiban


Baca juga tutorial blogging lainnya :

Posting Komentar untuk "Langkah awal menjadi seorang blogger profesional [ Update 2022 ]"