Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Terjemah Kitab Aqidatul Awam PDF Arab Indonesia [ Lengkap ]

Ilmu tauhid adalah salah satu itu ilmu yang wajib dipelajari di lembaga-lembaga pendidikan Islam. Ilmu ini merupakan salah satu ilmu yang sangat populer di kalangan pesantren Indonesia. 

Mengapa demikian? Karena ilmu tauhid sangat erat kaitannya dengan pengetahuan iman seseorang, atau salah satu ilmu yang paling fundamental di dalam ruang lingkup akidah Islam.

Download Terjemah Kitab Aqidatul Awam PDF Arab Indonesia [ Lengkap ]

Jika ilmu fiqih mempelajari tentang status hukum perbuatan lahiriah seorang mukalaf, dan tasawuf membahas tentang aktivitas batin seseorang, maka akidah merupakan satu ilmu yang berkaitan dengan keyakinan.

ketiga ilmu inilah yang disabdakan oleh Rasulullah Saw. dalam sebuah hadis yang sangat masyhur mengenai iman, Islam, dan ihsan. Ketiganya merupakan pilar penting di dalam konsep beragama, yaitu pilar tauhid, pilar fiqih, dan pilar tasawuf.

Keterangan di atas tentunya sudah mewakili betapa pentingnya mempelajari ilmu tauhid bagi setiap mukalaf. Maka dari itu, kami akan membagikan salah satu kitab paling populer yang membahas mengenai ilmu tauhid, kitab yang sangat populer di kalangan Pesantren, yaitu kitab Aqidatul Awam yang dikarang oleh Imam Ahmad bin Muhammad Romadhon al-Mansyur al-Makki, Salah seorang ulama masyhur bermazhab Maliki di Makkah.


Biografi Singkat Penulis Kitab Aqidatul Awam


Ulama yang bernama lengkap Imam Ahmad bin Muhammad Romadhon bin Manshur al-Makki al-Marzuqi al-maliki al-husaini al-hasani lahir di Mesir pada tahun 1205 Hijriyah. Beliau menuntut ilmu di Makkah kemudian menjadi seorang guru di Masjidilharam dan diangkat menjadi Mufti dalam mazhab Maliki.

Beliau sangat masyhur dengan kezuhudan dan ketakwaannya, serta karangan-karangannya yang sangat bermanfaat. Di antara guru-guru beliau adalah Syeikh Ibrahim al-abidin. Kepadanya, beliau mempelajari Qira’ah al-’Asyrah. Dan ia memiliki beberapa murid yang masyhur, seperti Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Syekh Ahmad ar-Rifa’i, dan Syekh Ahmad Dahman.

Ulasan Singkat Isi Kitab Aqidatul Awam


Kitab Aqidatul Awam memuat 57 bait, dimulai dengan pujian kepada Allah dan Rasulullah, serta para sahabat dan keluarga Nabi. Kemudian kewajiban mengetahui sifat-sifat wajib Allah yang jumlahnya 20, sifat-sifat mustahil, serta sifat jaiz Allah.

Setelah itu, di Sebutkan pula sifat-sifat wajib mustahil dan jaiz bagi para rasul dan nama-nama 25 nabi yang wajib diketahui. Kemudian sifat-sifat malaikat secara umum dan nama-nama Malaikat yang Jumlahnya ada 10.


Kemudian nama-nama kitab suci yang jumlahnya ada 4, kewajiban menerima setiap apa yang disampaikan Rasul, iman kepada hari kiamat. Setelah itu nama-nama keluarga Nabi, penjelasan Isra Mikraj, kewajiban shalat, dan yang terakhir penutup.

Kitab ini sangat cocok untuk orang-orang yang masih awam mengenai ilmu tauhid, dan sangat dianjurkan bagi para orang tua memberikan pengetahuan fundamental ini kepada anak-anak.

Kitab ini disusun dalam bentuk nazam sebanyak 57 bait saja, sehingga sangat mudah untuk dihafal dan dipahami. Kitab ini sangat cocok untuk mereka yang pemula dan ingin memulai mempelajari tentang dasar-dasar ilmu akidah.

Download Nadhom Aqidatul Awam PDF


Berikut ini Kitab Nadhom Aqidatul Awam versi PDF lengkap dengan terjemah atau artinya:

Download Kitab Aqidatul Awam Arab dan Terjemah PDF ( Disini )

Dan beriku kitab syarah yang berkaitan dengan Aqidatul Awam:

Jila' Al-Afham Syarah Aqidatil Awam (جلاء الأفهام شرح عقيدة العوام) 

Download ( Disini )

Itulah Sedikit Penjelasan terkait dengan Kitab Aqidatul Awam dan Terjemahan disertai Link Downloadnya yang bisa sobat jadikan referensi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat

Posting Komentar untuk "Download Terjemah Kitab Aqidatul Awam PDF Arab Indonesia [ Lengkap ]"