Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh soal dan Kunci Jawaban TKA Ekonomi SBMPTN 2022 Soshum

Contoh soal dan Kunci Jawaban TKA Ekonomi SBMPTN 2022 Soshum - Hello adik-adik kali ini mimin inhgin memberikan kunci jawaban contoh soal Tes Kemampuan Akademik (TKA) Ekonomi SBMPTN 2022. Semoga membantu yaa..

Kunci Jawaban Soal TKA Ekonomi SBMPTN 2022 Soshum

Simak kunci jawaban soal Ekonomi SBMPTN 2022 serta Soshum untuk materi Tes Kemampuan Akademik (TKA) Ekonomi selengkapnya dalam artikel ini.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) telah dibuka sejak 23 Maret hingga 15 April 2022.

Adapun kelompok ujian UTBK-SBMPTN di antaranya Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Ketiga kelompok ujian tersebut akan menerima tiga materi ujian yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Melansir laman LTMPT, materi materi TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. 

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Agar peserta ujian dapat mengerjakan semua pertanyaan yang disajikan dalam ujian, penting untuk mengkaji dan mengerjakan latihan lebih dahulu.

Berikut ini adalah contoh latihan soal SBMPTN 2022 serta kunci jawaban SBMPTN 2022 Soshum untuk materi TKA Ekonomi melansir dari laman Ruang Guru. 

Kunci Jawaban Soal TKA Ekonomi SBMPTN 2022 Soshum 

1. Kiya adalah seorang mahasiswa jurusan ekonomi dan administrasi.

Melihat kondisi pandemi yang berkelanjutan dan melimpahnya sampah masker medis, ia berinisiatif untuk berjualan masker kain yang dapat dicuci sehingga akan mengurangi limbah masker medis.

Berdasarkan ilustrasi di atas, masalah ekonomi modern yang dipecahkan oleh Kiya adalah ….

A. how

B. for whom

C. what

D. for what

E. when

Jawaban : C

Pembahasan :

Masalah ekonomi modern terbagi menjadi what? (apa barang yang diproduksi atau apa saja barang yang dibutuhkan untuk produksi), how? (bagaimana cara memproduksi), dan for whom? (untuk siapa barang tersebut diproduksi).

Masalah ekonomi modern yang berhasil dipecahkan oleh Kiya berdasarkan ilustrasi di atas adalah what? (barang apa yang ingin diproduksi) karena Kiya mencoba untuk mengurangi limbah masker medis, ia akhirnya memproduksi masker kain yang dapat dicuci agar bisa dipakai kembali.

2. Perusahaan es teh manis di kota Bandung melakukan penelitian kepuasan terhadap salah satu pelanggannya.

Dengan mengacu pada Hukum Gossen 1, The law of diminishing marginal utility berlaku setelah ....

A. total utility meningkat

B. total utility sama dengan nol

C. marginal utility negatif

D. marginal utility positif

E. produk total maksimum

Jawaban: C

Pembahasan:

The law of diminishing marginal utility adalah hukum yang menyatakan bahwa tambahan kepuasan akan terus menurun seiring dengan bertambahnya konsumsi bahkan dapat menyebabkan total utility menurun di titik tertentu.

The Law of Diminishing Marginal Utility akan mulai berlaku ketika MU mulai negatif atau setelah TU mencapai maksimum.

3. Karakteristik dari penawaran terhadap suatu barang antara lain ...

1) Garis kurva naik dari kiri bawah ke kanan atas.

2) Garis kurva bergerak dari kiri atas ke kanan bawah.

3) Semakin tinggi harga barang, semakin bertambah jumlah barang yang ditawarkan.

4) Semakin rendah harga suatu barang, semakin bertambah jumlah barang yang ditawarkan.

A. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.

B. 1 dan 3 SAJA yang benar.

C. 2 dan 4 SAJA yang benar.

D. HANYA 4 saja yang benar.

E. SEMUA pilihan benar.

Jawaban: B

Pembahasan:

Hukum penawaran menyatakan bahwa semakin tinggi harga suatu barang, maka akan semakin bertambah pula jumlah barang yang ditawarkan atau sebaliknya.

Maksudnya hubungan antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan bersifat positif sehingga kurva penawaran akan bergerak naik dari kiri bawah ke kanan atas (slope positif) (1).

4. Pertumbuhan ekonomi di suatu negara yang menganut sistem perekonomian kapitalisme akan menciptakan pembangunan ekonomi yang pesat jika terdapat inovasi oleh para entrepreneur.

Pernyataan tersebut sejalan dengan pemikiran salah satu ekonom teori pertumbuhan ekonomi. Ekonom yang dimaksud adalah ....

A. David Ricardo

B. Adam Smith

C. Robert Malthus

D. Schumpeter

E. Jean Baptiste Say


Jawaban: D

5. Pada tahun 2018 nilai tukar rupiah terhadap dolar sebesar Rp13.000,00, tetapi pada tahun 2019 nilai tukarnya naik menjadi Rp14.000,00. Berdasarkan data tersebut, maka rupiah mengalami ....

A. depresiasi yang mengakibatkan neraca perdagangan defisit

B. depresiasi yang mengakibatkan neraca perdagangan surplus

C. apresiasi yang mengakibatkan neraca perdagangan defisit

D. apresiasi yang mengakibatkan neraca perdagangan surplus

E. devaluasi yang mengakibatkan neraca perdagangan surplus

Jawaban: B

Pembahasan:

Depresiasi adalah penurunan nilai mata uang domestik terhadap mata uang asing akibat mekanisme pasar. Perubahan nilai tukar dari US$1 = Rp13.000,00 menjadi US$1 = Rp14.000,00 disebut sebagai depresiasi.

Depresiasi nilai tukar membawa dampak positif, yaitu ekspor meningkat. Hal tersebut terjadi karena bagi importir harga barang dalam negeri dianggap lebih murah dari sebelumnya.

Namun, bagi masyarakat dalam negeri menyebabkan barang impor lebih mahal sehingga impor menurun. Oleh sebab itu depresiasi mata uang mengakibatkan neraca perdagangan surplus karena ekspor lebih besar dari impor.

Itulah sedikit uraian mengenai Kunci Jawaban SBMPTN 2022 Soal SBMPTN 2022 Soshum untuk materi TKA Ekonomi.

Baca juga soal SBMPTN lainnya : 

Posting Komentar untuk "Contoh soal dan Kunci Jawaban TKA Ekonomi SBMPTN 2022 Soshum "