Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh soal dan Kunci Jawaban TKA Fisika SBMPTN 2022 Saintek

Contoh soal dan Kunci Jawaban TKA Fisika SBMPTN 2022 Saintek - Hello adik-adik kali ini mimin inhgin memberikan kunci jawaban contoh soal Tes Kemampuan Akademik (TKA) Fisika SBMPTN 2022. Semoga membantu yaa..

Kunci Jawaban Soal TKA Fisika SBMPTN 2022 Saintek

Simak kunci jawaban SBMPTN 2022  Saintek untuk materi Tes Kemampuan Akademik (TKA) Fisika selengkapnya dalam artikel ini.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) telah dibuka sejak 23 Maret hingga 15 April 2022.

Adapun kelompok ujian UTBK-SBMPTN di antaranya Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Ketiga kelompok ujian tersebut akan menerima tiga materi ujian yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Melansir laman LTMPT, materi TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. 

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Agar peserta ujian dapat mengerjakan semua pertanyaan yang disajikan dalam ujian, penting untuk mengkaji dan mengerjakan latihan lebih dahulu.

Berikut ini adalah contoh latihan soal SBMPTN 2022 serta kunci jawaban soal SBMPTN Saintek untuk materi TKA Fisika melansir dari laman Ruang Guru. 

Kunci Jawaban Soal TKA Fisika SBMPTN 2022 Saintek 

1. Cahaya yang merambat dari air ke kaca frekuensinya selalu tetap

 SEBAB

Kecepatan cahaya dalam medium optik bergantung pada indeks bias medium

Jawaban: B

Pembahasan:

Frekuensi adalah perbandingan tetap antara kecepatan rambat dengan panjang gelombang, sehingga frekuensi selalu tetap. (pernyataan benar)

Kecepatan cahaya bergantung pada indeks bias medium sesuai dengan hubungan:

v1/v2 = n2/n1

Dimana n adalah indeks bias. (alasan benar)

Pernyataan dan alasan benar, tetapi tidak ada hubungan sebab-akibat sehingga jawaban yang tepat adalah B.

2. Sebuah silinder berlubang mempunyai momen inersia lebih besar daripada silinder pejal yang terbuat dari bahan yang sama serta memiliki massa yang sama.

 SEBAB

Untuk memberikan percepatan sudut pada sebuah benda berlubang diperlukan lebih banyak tenaga putaran

Jawaban: B

Pembahasan:

Momen inersia silinder berlubang

I = MR^2

Momen inersia silinder pejal

I = 1/2MR^2

Terlihat bahwa momen inersia silinder berlubang lebih besar dibanding momen inersia silinder pejal (dengan asumsi massa dan jari-jari silinder sama besar) [pernyataan benar]

Benda berlubang umumnya memiliki momen inersia yang lebih besar dibanding benda pejal sehingga momen gaya yang dibutuhkan untuk memberikan percepatan pada benda berlubang juga lebih besar.

Besarnya momen gaya ini sebanding dengan tenaga putar yang dibutuhkan, jadi untuk memutar benda berlubang dibutuhkan tenaga yang lebih besar dibanding untuk memutar benda pejal [alasan benar].

Pernyataan dan alasan benar tetapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat, jadi jawaban yang tepat adalah B.

3. Batang kaca yang digosok dengan kain sutra akan bermuatan positif.

 SEBAB

Elektron yang ada pada batang kaca berpindah ke kain sutra

Jawaban: A

Pembahasan:

Batang kaca yang digosok dengan kain sutra akan bermuatan positif karena elektron yang terdapat pada batang kaca berpindah ke kain sutra, sehingga batang kaca tersebut bermuatan positif

4. Empat buah bejana diisi dengan air yang suhunya berbeda-beda, masing-masing suhunya 20o C, 50o C, 40o C, dan 25o C, jika untuk memanaskan air tersebut digunakan pemanas air yang memiliki daya 300 W. Waktu tercepat untuk memanaskan bejana tersebut menjadi 60o C adalah pada bejana ....

A. pertama

B. kedua

C. ketiga

D. keempat

E. semua bejana sama

Jawaban : B

Pembahasan :

Hubungan antara energi listrik dan kalor adalah:

W = Q

Pt = mcΔT

t = mcΔT/P

Pada persamaan di atas nilai massa, kalor jenis, dan daya untuk keempat bejana sama. Jadi, yang mempengaruhi waktu pemanasan adalah perubahan suhu. Perubahan suhu terkecil terjadi pada bejana dengan suhu tertinggi, yakni bejana kedua.

5. Inti atom terdiri dari neutron yang bermuatan netral dan proton yang bermuatan positif.

SEBAB

Kulit atom tersusun atas elektron-elektron yang bermuatan negatif dan pada atom yang netral jumlah elektron sama dengan jumlah proton di inti atom.

Jawaban : B

⇒ Inti atom terdiri dari:

Neutron yang bermuatan netral

Proton yang bermuatan positif

⇒ Kulit atom terdiri dari:

Elektron yang bermuatan negatif

⇒ Pada atom yang bermuatan netral, jumlah elektron sama dengan jumlah proton.

Pernyataan pertama dan kedua benar, tetapi tidak memiliki hubungan sebab akibat.

Itulah uraian mengenai contoh Soal dan kunci jawaban SBMPTN 2022 Saintek untuk materi TKA Fisika.

Baca juga soal SBMPTN lainnya : 



Posting Komentar untuk "Contoh soal dan Kunci Jawaban TKA Fisika SBMPTN 2022 Saintek "