Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh soal dan Kunci Jawaban TKA Matematika SBMPTN 2022 Saintek

Contoh soal dan Kunci Jawaban TKA Matematika SBMPTN 2022 Saintek - Hello adik-adik kali ini mimin inhgin memberikan kunci jawaban contoh soal Tes Kemampuan Akademik (TKA) Matematika SBMPTN 2022. Semoga membantu yaa..

Kunci Jawaban Soal TKA Matematika SBMPTN 2022 Saintek

Simak kunci jawaban soal SBMPTN Saintek untuk materi Tes Kemampuan Akademik (TKA) Matematika selengkapnya dalam artikel ini.

Anda dapat mengerjakan contoh latihan soal SBMPTN 2022 untuk mengisi waktu selama masa pembukaan pendaftaran yang telah dibuka sejak 23 Maret hingga 15 April 2022.

Adapun contoh latihan soal SBMPTN 2022 dapat dikerjakan sesuai dengan kelompok ujian UTBK-SBMPTN yang telah Anda pilih ketika mendaftar di tahun ini.

Sebagaimana diketahui, kelompok ujian terbagi atas Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Ketiga kelompok ujian tersebut akan menerima tiga materi ujian yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Melansir laman LTMPT, materi TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Agar peserta ujian dapat mengerjakan semua pertanyaan yang disajikan dalam ujian, penting untuk mengkaji dan mengerjakan latihan lebih dahulu.

Berikut ini adalah contoh latihan soal SBMPTN 2022 serta kunci jawaban soal SBMPTN Saintek untuk materi TKA Matematika melansir dari laman Ruang Guru. 

Kunci Jawaban Soal TKA Matematika SBMPTN 2022 Saintek 

1. Diketahui kubus ABCD.EFGH memiliki panjang rusuk 3 cm. Jika titik O terletak di tengah diagonal FH dan titik S berada di ruas garis AE sedemikian sehingga AS : ES = 1 : 2, jarak titik E ke bidang FHS adalah...cm.

A. 2

B. 3/2 √2

C. √17/2

D. √17

E. 6/17 √17

Jawaban: E. 6/17 √17

Pembahasan:

Perhatikan kubus ABCD.EFGH di atas!

Dapat diperhatikan bahwa SF dan SH akan memiliki panjang yang sama sehingga proyeksi titik E pada bidang SFH akan berada pada garis OS.

Dalam hal ini, jarak titik E ke bidang FHS adalah panjang EP, dengan P adalah titik yang terletak di ruas garis OS sedemikian sehingga EP tegak lurus dengan OS.

Panjang SO dapat dihitung menggunakan Teorema Pythagoras sebagai berikut.

SO = √ES^2+EO^2

Oleh karena itu, akan dicari panjang ES dan panjang EO terlebih dahulu.

Panjang EO sama dengan setengah dari diagonal bidang EG. Ingat bahwa panjang diagonal bidang suatu kubus sama dengan s√2, dengan s merupakan panjang rusuk kubus.

Kemudian, panjang ES didapat dari perbandingan AS : ES = 1 : 2.

Akibatnya, panjang EP dapat dihitung dengan rumus berikut ini.

EP = (ES x EO) : OS

Dengan demikian, jarak titik E ke bidang FHS adalah 6/17 √17.

2. Sebanyak 5 siswa berprestasi yang terdiri dari 2 pria dan 3 wanita akan melakukan sesi foto.

Banyak susunan berfoto berjajar untuk kelima siswa tersebut dengan 2 siswa pria tidak boleh berdekatan adalah ....

A. 36

B. 48

C. 60

D. 72

E. 90

Jawaban: D

Pembahasan:

Banyak susunan berfoto untuk kelima siswa tersebut tanpa syarat adalah sebagai berikut.

5! = 5 x 4 x 3 x 2 x 1 = 120

Untuk menentukan banyak susunan berfoto dengan 2 siswa pria selalu berdekatan adalah dengan menganggap 2 siswa pria tersebut menjadi 1 unsur sehingga banyak unsur yang disusun adalah 4 dan banyak susunan dari 2 pria yang berdekatan adalah 2! = 2.

Akibatnya, banyak susunan berfoto jika 2 pria harus berdekatan adalah sebagai berikut.

4! x 2! = 4 x 3 x 2 x 1 x 2 x 1 = 48

Dengan demikian, banyak susunan berfoto berjajar untuk kelima siswa tersebut dengan 2 siswa pria tidak boleh berdekatan adalah 120 - 48 = 72.

Demikian uraian mengenai a kunci jawaban soal SBMPTN Saintek untuk materi TKA Matematika. Semoga artikel bisa memabntu dan semoga sukses

Baca juga soal SBMPTN lainnya : 

Posting Komentar untuk "Contoh soal dan Kunci Jawaban TKA Matematika SBMPTN 2022 Saintek "