Contoh soal dan Kunci Jawaban Soal TKA Sejarah SBMPTN 2022 Soshum

Daftar Isi

Contoh soal Kunci Jawaban Soal TKA Sejarah SBMPTN 2022 Soshum- Hello adik-adik kali ini mimin inhgin memberikan kunci jawaban contoh soal Tes Kemampuan Akademik (TKA) Sejarah SBMPTN 2022. Semoga membantu yaa..

Kunci Jawaban Soal TKA Sejarah SBMPTN 2022 Soshum

Simak kunci jawaban soal SBMPTN Soshum untuk materi Tes Kemampuan Akademik (TKA) Sejarah selengkapnya dalam artikel ini.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN (Ujian Tulis Berbasis Komputer – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) telah dibuka sejak 23 Maret hingga 15 April 2022.

Adapun kelompok ujian UTBK-SBMPTN di antaranya Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum), dan Kelompok Ujian Campuran (Saintek dan Soshum).

Ketiga kelompok ujian tersebut akan menerima tiga materi ujian yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA).

Melansir laman LTMPT, materi TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi.

TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten matapelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Agar peserta ujian dapat mengerjakan semua pertanyaan yang disajikan dalam ujian, penting untuk mengkaji dan mengerjakan latihan lebih dahulu.

Berikut ini adalah contoh latihan soal SBMPTN 2022 Soshum serta kunci jawaban soal SBMPTN Soshum untuk materi TKA Sejarah melansir dari laman Ruang Guru. 

Kunci Jawaban Soal TKA Sejarah SBMPTN 2022 Soshum

1. Perang Tujuh Tahun atau Seven Years War yang melibatkan Inggris dan Prancis pada tahun 1756-1763 berakhir setelah Inggris berhasil menguasai salah satu daerah yang diperebutkan, yaitu ....

A. Louisiana

B. North Carolina

C. Georgia

D. Massachusetts

E. Quebec

Jawaban : E

Pembahasan :

Perang Tujuh Tahun (Seven Years War) antara Inggris dan Prancis disebabkan oleh persaingan antara kedua negara tersebut untuk memperebutkan wilayah koloni di benua Amerika.

Prancis berusaha menduduki wilayah sebelah barat koloni Inggris dalam rangka menghubungkan antara Kanada dan Louisiana.

Hal tersebut tentunya menyebabkan pertempuran di antara kedua negara tersebut. Pertempuran ini terjadi pada tahun 1756-1763 dan berakhir setelah Inggris berhasil menguasai wilayah Quebec dari Prancis.

2. Pemerintah kolonial Belanda, mengumumkan pembuatan parlemen di Hindia Belanda melalui ....

A. Staatsblad No. 114 tahun 1916

B. Staatsblad No. 129 tahun 1917

C. Staatsblad No. 291 tahun1909

D. Indische Staatsregeling Pasal 131

E. Indische Staatsregeling Pasal 35 sampai Pasal 50

Jawaban : A

Pembahasan :

Pembentukan Volksraad pada awalnya hadir atas desakan kaum bumiputra yang menuntut adanya perwakilan dalam lembaga parlemen pada masa Pergerakan Nasional. Dewan ini dibentuk untuk urusan Bumiputra dan hak-haknya secara resmi dijamin oleh hukum Belanda.

Pada awalnya Volksraad bernama “Dewan Kolonial”, namun diubah menjadi “Dewan Rakyat” atau Volksraad yang dikeluarkan melalui keputusan Indische Staatsregeling, wet op de Staatsinrichting van Nederlandsh-Indie (Indische Staatsrgeling) Pasal 53 sampai Pasal 80 bagian kedua tanggal 16 Desember 1916, serta diumumkan dalam Staatsblad No. 114 tahun 1916.

3. Berikut ini merupakan tokoh yang terlibat dan menandatangani Deklarasi Bangkok adalah ….

A. Adam Malik

B. Najib Razak

C. Rodrigo Duterte

D. Yingluck Shinawatra

E. Lee Kuan Yew

Jawaban : A

Pembahasan :

Deklarasi Bangkok merupakan suatu deklarasi yang ditandatangani oleh lima perwakilan negara-negara Asia Tenggara yang mempunyai kepentingan bersama dalam menjaga stabilitas politik regional dan pembangunan sosial ekonomi kawasan. Adapun tokoh-tokoh yang terlibat langsung dalam Deklarasi Bangkok adalah sebagai berikut.

1. Adam Malik (Indonesia)

2. Tun Abdul Razak (Malaysia)

3. Narciso Ramos (Filipina)

4. S. Rajaratnam (Singapura)

5. Thanat Koman (Thailand)

Sedangkan Najib Razak merupakan seorang politikus Malaysia, anggota parlemen Dewan Rakyat dan pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia dari tahun 2009-2018, selanjutnya Rodrigo Duterte adalah presiden Filipina yang menjabat dari tahun 2006-sekarang.

Yingluck Shinawatra adalah perdana menteri perempuan pertama di Thailand. Dia terpilih melalui pemilu pada tahun 2011 dan menjabat sebagai perdana menteri Thailand sampai tahun 2014, sedangkan Lee Kuan Yew adalah perdana menteri Singapura yang menjabat dari tahun 1959-1990 dan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam perpolitikan Singapura.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 akan dibagi menjadi dua gelombang, yakni Gelombang I pada 17-23 Mei 2022 dan Gelombang II pada 28 Mei - 03 Juni 2022.

4. Konsep dwifungsi ABRI memiliki kemiripan dengan konsep “Jalan Tengah” yang dicetuskan oleh A.H. Nasution

SEBAB

Pada masa Orde Baru, Presiden Soeharto kembali mencetuskan dan melaksanakan konsep Dwifungsi ABRI yang didasarkan kepada pemikiran bahwa pemerintah perlu memberikan peran ganda kepada ABRI untuk menciptakan stabilitas politik

A. Pernyataan benar, alasan benar, dan menunjukkan hubungan sebab akibat

B. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi tidak menunjukkan hubungan sebab akibat

C. Pernyataan benar, alasan salah

D. Pernyataan salah, alasan benar

E. Pernyataan salah, alasan salah

Jawaban: B

Pembahasan:

Pernyataan benar

Konsep “Jalan Tengah” dicetuskan oleh A.H Nasution. Konsep ini tidak menghendaki tentara atau militer berkuasa penuh terhadap kegiatan politik sipil.

Tentara atau militer boleh mengemukakan pendapat terhadap rencana stabilisasi politik dan ekonomi sebagai perorangan dan bukan organisasi militer.

Sementara konsep Dwifungsi ABRI, menjadikan ABRI secara organisasi berkuasa atas sipil dan juga menduduki jabatan-jabatan strategis di lingkungan pemerintahan seperti gubernur.

Alasan benar

Pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, konsep Dwifungsi ABRI kembali dicetuskan dan dilaksanakan dengan memberikan peran ganda.

Maksudnya peran dalam bidang pertahanan keamanan dan peran dalam bidang sosial-politik-ekonomi. Anggota ABRI juga mendapat jatah kursi baik di MPR maupun DPR. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa ABRI merupakan dinamisator dan stabilisator.

Artinya, sebagai dinamisator militer berperan sangat aktif sejak perang kemerdekaan, dan sebagai stabilisator yaitu upaya mencegah perpecahan bangsa setelah peristiwa G30S/PKI tahun 1965.

5. Perjanjian Giyanti membuat kekuasaan penerus Kerajaan Mataram melemah karena....

A. Semua wilayah bekas Kerajaan Mataram langsung dikuasai VOC

B. Semua kehidupan politik kerajaan mataram diatur oleh Belanda

C. Memperuncing konflik antara kerajaan di Jawa khususnya jawa barat dengan jawa tengah

D. Meningkatnya konflik antara Surakarta dan Yogyakarta

E. Hilangnya kepercayaan terhadap raja Jawa di mata masyarakat

Jawaban: A

Pembahasan:

Perjanjian Giyanti adalah perjanjian yang ditandatangani pada 13 Februari 1755 di Desa Giyanti. Isi dari perjanjian tersebut membagi Kerajaan Mataram menjadi dua yaitu wilayah barat (Yogyakarta) diberikan kepada Pangeran Mangkubumi yang berkuasa dengan gelar Sri Sultan Hamengkubuwana I, sedangkan wilayah timur (Surakarta) tetap diperintah oleh Pakubuwana III.

Perjanjian tersebut membuat kekuasaan para penerus kerajaan Mataram melemah karena wilayah Mataram yang terpecah belah membuat VOC dengan mudah mengintervensi kerajaan karena telah berhasil menguasainya.

Demikian uraian mengenai kunci jawaban soal SBMPTN Soshum untuk materi TKA Sejarah.Semoga artikel ini membantu dan semoga sukses. 

Baca juga soal SBMPTN lainnya : 

Posting Komentar