Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Ide Bisnis Idul Adha Yang Bikin Untung di Indonesia, Peluang Usaha yang Laris dipasaran

Ide Bisnis Idul Adha - Menjelang lebaran hari raya idul adha yang akan sebentar lagi dilaksanakan, tentunya sebagai pembisnis yang cerdas, bisa memanfaatkan momentum ini untuk menghasilkan cuan

Peluang bisnis pada lebaran idul adha tidak hanya berjualan kambing saja, tapi juga banyak ide bisnis lainnya yang bisa sobat manfaatkan. 

Usaha di saat Iduladha yang paling umum adalah jualan hewan kurban. Jika sobat ingin memanfaatkan momen menjelang Iduladha, sialhkan baca artikel ini sampai selesai.

Baca juga : 18 Ide Usaha Makanan Sehat dan Murah, Pasti Laris

Perlu diketahui bahwa ide bisnis dibawah ini tidak hanya dilakukan oleh orang tua saja, tapi juga bisa dilakukan oleh para pelajar, mahasiswa sampai emak-emak rumah tangga juga sangat perpotensi untuk usaha ini. 

10 Ide Bisnis Idul Adha Yang Bikin Untung di Indonesia, Peluang Usaha yang Laris dipasaran

10 Ide Bisnis Idul Adha Yang Bikin Untung di Indonesia

Mari kita simak penjelasan dibawah agar dapat dijadikan refrensi untuk berbisnis menjelang perayaan hari raya iudl adha, yuk simak

1. Jual Hewan Kurban

Menjual hewan kurban seperti kambing, domba, atau sapi memang masih menjadi pilihan bisnis pertama yang bisa dilakukan menjelang Iduladha. Tidak dapat dipungkiri bahwa ini adalah salah satu jenis bisnis yang paling menjanjikan setiap tahunnya, meskipun memang membutuhkan modal yang juga cukup banyak tapi keuntungan juga lumayan loh bahkan berkali lipat.

Namun bila sobat belum punya modal untuk bisnis ini, sobat bisa mencoba menjadi broker atau reseller yang menjadi perantara antara calon pelanggan dan penjual hewan. Sebelum menjualnya, pastikan bahwa hewan tidak sakit, cacat, dan sesuai dengan syarat kurban!

2. Penitipan Hewan Kurban

Selain bisnis jual-beli hewan kurban, penitipan hewan kurban juga dianggap sebagai bisnis yang menjanjikan menjelang Iduladha. Banyak orang yang membeli hewan kurban beberapa waktu sebelum Iduladha, tapi tidak memiliki lahan untuk menyimpannya. 

Nah sobat bisa membuka bisnis ini dengan bermodalkan lahan kosong yang cukup luas. Bukan hanya menyediakan tempat, tapi juga harus memberi makan dan merawat hewan tersebut sampai hari H. Dihimpun dari berbagai sumber, perawatan sapi dapat dikenakan tarif hingga Rp1,5 juta untuk 2 minggu, sedangkan kambing Rp500 ribu untuk 2 minggu.

3. Peralatan Ibadah

Tidak hanya saat momen Idulfitri, perlengkapan ibadah juga banyak diburu saat Iduladha. Tentu tidak salah jika banyak yang ingin memiliki penampilan terbaik dengan peralatan ibadah baru saat salat Id. Ini juga merupakan bentuk antusiasme dalam menyambut hari raya. Jenis peralatan ibadah yang dimaksud dapat berupa mukena, sajadah, dan sarung.

4. Pakaian Muslim

Ide bisnis Iduladha yang juga tidak kalah menjanjikan adalah bisnis pakaian muslim. Selain peralatan ibadah yang baru, ada juga yang menunjukkan antusiasme menyambut hari raya dengan menggunakan pakaian muslim baru. Kamu dapat berjualan gamis, kaftan, baju koko, peci, dan banyak jenis baju muslim lainnya.

Baca juga : 6 Peluang Bisnis Menjelang Idul Adha, Modal Kecil Untung Besar

5. Katering Makanan Iduladha

Sama halnya seperti Idulfitri, biasanya makanan khas Lebaran juga tersedia saat Iduladha. Hal ini disebabkan karena Iduladha juga menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga. Makanan ini dapat berupa ketupat, rendang, opor, dan masih banyak lagi.

Banyak orang yang sibuk bahkan hingga menjelang hari Iduladha, sehingga tidak sempat untuk memasak. sobat isa memanfaatkan ini sebagai peluang untuk membuka jasa katering makanan Lebaran.

6. Kemasan Daging Ramah Lingkungan

Panitia kurban Iduladha membutuhkan kemasan daging dalam jumlah yang sangat banyak. Penggunaan plastik dianggap tidak ramah lingkungan dan sudah mulai dikurangi di beberapa daerah. Menjual kemasan daging kurban yang ramah lingkungan dapat menjadi ide bisnis sekaligus mendukung misi pengurangan sampah plastik.

Benda yang dapat digunakan sebagai kemasan daging kurban adalah besek dan daun pisang. Sobat dapat menawarkan kemasan ini ke panitia kurban yang ada di sekitar lingkungan rumahmu atau dapat juga memasarkan secara online.

7. Bumbu Siap Pakai

Ide bisnis Iduladha satu ini tidak berbeda jauh dengan poin sebelumnya. Jika kamu tidak dapat memasak dalam jumlah yang banyak, kamu juga bisa menjual bumbu siap pakai. Bumbu ini dapat digunakan untuk masak makanan Lebaran atau mengolah daging kurban. Gunakan sistem pre-order dan pasarkan produk ini jauh hari sebelum Iduladha, sehingga pada hari H bumbu sudah tersedia dan hanya tinggal menggantarkan pada pelanggan.

Beberapa bumbu yang paling dibutuhkan saat Iduladha adalah seperti bumbu sate, rendang, gulai, dan bumbu untuk mengolah daging lainnya. Namun sobat juga bisa membuat bumbu-bumbu lain sesuai permintaan pelanggan bila mereka ingin berkreasi dengan resep lainnya.

8. Oleh-Oleh Haji

Iduladha adalah waktu di mana umat Muslim melakukan ibadah haji. Umumnya orang yang pulang dari ibadah haji akan membawa oleh-oleh seperti air zam-zam, kurma, cokelat, kacang arab, dan masih banyak lagi. 

Banyak orang yang kesulitan membawa banyak oleh-oleh langsung dari tanah suci, sehingga lebih memilih membeli oleh-oleh yang sudah diimpor ke Indonesia. Mengingat di masa pandemi ini kegiatan haji belum berjalan dengan normal, sobat bisa menyimpan ini sebagai ide bisnis di masa depan ketika ibadah haji kembali normal.

Baca juga : 10 Ide Hampers Idul Adha 2022 Murah Tapi Mewah

9. Jasa Pengolahan Daging

Ada banyak orang yang mendapatkan daging kurban namun tidak memiliki waktu untuk mengolahnya. Kamu bisa memanfaatkan ini untuk membuka jasa pengolahan daging kurban. Jadi pelanggan memberikan daging mentah dan kamu mengembalikannya dalam bentuk masakan. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini tidak terlalu besar karena bahan hanya perlu menyediakan bumbu-bumbu untuk memasak. 

10. Peralatan Membuat Sate

Peralatan membuat sate adalah salah satu yang paling dicari pada hari Iduladha. Membuat sate bukan sekadar mengolah daging kurban, tapi sudah seperti tradisi Iduladha di Indonesia. Maka dari itu, menjual peralatan sate dapat menjadi peluang yang bagus saat Iduladha. Sobat bisa menjual arang, batok kepala, tusuk sate, kipas, hingga panggangan.

Jangan lewatkan kesempatan ini untuk bisa menambah pundi-pundi rupiah sobat dan keluarga. 

Itulah 10 ide bisnis Iduladha yang bisa sobat coba. Semoga bisnis sobat diberikan kelancaran. semoga artikel ini bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke blog cahsantri.com

Sobat juga bisa membaca artikel tentang bisnis online lainnya dibawah ini :

Baca artikel seputar bisnis online lengkap disini : Seputar Bisnis Online

Posting Komentar untuk " 10 Ide Bisnis Idul Adha Yang Bikin Untung di Indonesia, Peluang Usaha yang Laris dipasaran"