Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjadi Blogger yang Produktif Untuk Kesuksesan Blog

Membahas tentang Blogger seperti tidak akan ada habisnya, selalu ada hal yang perlu dibahas untuk mendukung keseteraan para blogger. Ada banyak sekali pembahasan blogging yang perlu sobat perhatikan demi terwujudnya blog yang berkualitas dan menghasilkan cuan yang banyak.

Tips Produktif blogger


Blog Kaya Anda Sejahtera 

Menjadi Blogger tidak cukup hanya menulis artikel saja, ada pekerjaan lain yang harus dilakukan oleh para blogger agar terbentuk menjadi Blogger yang Produktif.  Menulis memang hobi, tapi ngeblog bukan hanya sekedar menulis biasa tapi lebih dari itu. Maka Anggaplah ngeblog seperti halnya kita bekerja, sobat bosnya sobat juga pekerjanya.

Aktifitas ngeblog atau blogging saat ini masih menjadi pilihan untuk mendapatkan uang dari internet. Meski sudah banyak yang pindah menjadi YouTubers, nyatanya blogging tetap Aksis Sampai saat ini.

Baca juga : Pengalaman di aproved Adsense setelah 50 kali lebih ditolak

Nah pada artikel ini kita akan bahas beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk menjadi Blogger yang Produktif. Artikel ini ditulis setelah melakukan riset dari beberapa pengalaman sesama Blogger. Tentu ini harus sobat pahami secara detail agar blog sobat bisa menjadi semakin profesional dan mudah mendapatkan uang.

Bila blog sobat sudah Sangat berkembang dengan puluhan ribu pengunjung setiap harinya dan ribuah artikel, maka untuk mendapatkan uang sangatlah mudah. Mulai publiser iklan, sponsor, endorse, affilasi dan masih banyak Lagi. Nah untuk menuju itu semua sobat harus baca artikel ini sampai selesai.

Tips Menjadi Blogger yang Produktif | Pemula Wajib Tau

✓ Tentukan Topik Konten

Konten adalah rajanya, bila blog tak ada konten mana mungkin bisa berkembang, jangan ngarep deh. Konten memilliki presentase 75 persen dalam perkembangan sebuah blog, sisanya untuk perbaikan dan beberapa optimasi lainnya.

Menentukan topik/niche blog sudah seharusnya dipikir sejak awal membangun blog, bahkan sebelum membuat blog seharusnya sudah memikirkan konten apa yang akan dibahas nantinya. Ini agar memudahkan sobat untuk membangun perkembangan blog.

Bila sudah mendapatkan ide tentang konten yang akan dibahas pada blog, sobat tinggal menulis lalu mengembangkannya. Untuk memudahkan dalam penulisan konten, sobat kelompokkan artikel dengan kategori yang sama. Sobat bisa memanfaatkan fitur Label yang terdapat dalam postingan blogger.

Ingat, jangan terlalu banyak membahas artikel yang berbeda kategori, akibatnya adalah blog sobat tidak tentu arahnya, blognya amburadul karena kurang tertata rapi.

Bila sobat sudah dapat menentukan konten yang akan dibahas, lanjut ke tips yang kedua.

✓ Buat Jadwal Ngeblog/Menulis

Tips kedua ini terhitung penting juga, karena dengan adanya jadwal maka blpg sobat juga terlihat lebih produktif, karena update artikel selalu pada waktu yang sama. Dalam pembuatan jadwal ini sobat perlu membuat dua ketentuan yaitu Hari dan Waktu

Contoh : 

Peringatan :
                ✓ Selasa, 19:00
                - Membuat Konten Blog
                - Judul : Tips Lancar Berbicara           didepan Umum

Bila sobat masih pelajar siswa/Mahasiwa, alangkah baiknya untuk menentukan jadwal ngeblog dihari-hari libur sekolah atau kuliah. Tujuannya agar tidak menggangu aktifitas belajarnya. Buatlah jadwal satu Minggu 1 atau 2 kali, yaitu pada saat aktifitas kosong tidak sedang belajar. Dua hari itu sudah cukup untuk menulis bagi sobat yang masih dibangku pelajar.

Beda lagi bila sobat blogger telah berkeluarga, apalagi sudah memiliki pekerjaan tetap, maka ngeblognya bisa sobat alokasikan pada waktu yang kosong disela-sela istirahat jam kerja & jam istirahat dirumah. Sobat bisa membuat jadwal ngeblog dengan memanfaatkan waktu kosong tersebut untuk menulis konten. Lanjut ke nomer tiga ....

Baca juga : 6 Tips Wajib Dilakukan Sebelum Mendaftarkan Blog ke Google Adsense

✓ Lakukan Optimasi Blog/SEO

Disamping menulis konten, ada hal lain yang perlu dilakukan demi terbentuknya blog yang profesional, yaitu sedikit banyak belajar Optimasi Blog dan SEO ( search engine optimisation ). Walaupun dalam bekerja, banyak para blogger yang menulis disela-sela kesibukannya, hal ini terjadi karena keuntungan dari blog lebih banyak daripada keuntungan di tempat kerja.

Maka tak heran apabila banyak pekerja kantor/buruh yang memiliki Risen dan meneruskan blognya, tapi inget sob, mereka yang berhenti bekerja sebab blognya sudah menghasilkan uang jutaan perbulannya. Bila blog sobat masih belum menghasilkan, jangan coba-coba berhenti dari kerajaan ya.

Lakukan optimasi blog dan SEO setidaknya satu Minggu dua kali. Disamping menulis, diwaktu kosong gunakan untuk melakukan perbaikan-perbaikan blog, seperti google search console, optimasi template, google adsense, broken link, dan beberapa perbaikan lainnya.

Optimasi ini harus dilakukan mau tidak mau, demi menunjang kesehatan blog sobat.

✓ Memanfaatkan Sosmed untuk Promosi & Perkembangan Blog

Bila tak ada cukup uang untuk Promosi menggunakan iklan, gunakan saja sosial media sebagai alternatif. Sosmed sangat mudah dan menguntungkan bila digunakan untuk promosi. Dikutip dari liputan6.com Pengguna Internet Dunia Tembus 4,66 Miliar, Rata-Rata Online di Smartphone.

Tentu ini akan menjadi keuntungan bagi siapa saja yang menggunakan sosmed untuk alat pendukung promosi. Caranya bagaimana mas ?

Lakukan cara ini untuk promosi di Sosmed :

Facebook/fanpage : Buatlah gambar yang menarik dengan menggunakan beberapa tulisan, lalu lampirkan link blog didalamnya
Instagram : Buatlah gambar yang menarik, Vidio pendek, dan sedikit tulisan. Jangan lupa cari followers sebanyak-banyaknya.
Twitter : Platform ini biasanya mudah trending, jadi sobat bisa menggunakan Vidio pendek untuk mendatangkan viewer menuju blog.
YouTube : Buatlah konten, lalu tulis deskripsi sebagus mungkin, lalu tambahkan link blog/artikel didalamnya
Pinterest : Buatlah gambar semenarik mungkin, karena persaingannya cukup sulit. Jangan lupa masukkan link dalam gambar tersebut.

Lakukan cara cara diatas untuk promosi blog, dengan begitu pengunjung/viewer akan mulai berdatangan dari platform sosial media.

Baca juga : Apa Itu Riset Keyword ? Berikut Pengertian dan Cara Melakukannya

✓ Gunakan Aplikasi Pendukung Ngeblog

Aplikasi pendukung untuk perkembangan blog sangat dibutuhkan. Maka dari itu sobat perlu mengunduhnya di app store atau play store yang ada di smartphone sobat.

Berikut ini ada beberapa rekomendasi aplikasi pendukung untuk perkembangan blog :

Pixellap : Aplikasi edit gambar
Photo compres : Mengecilkan ukuran file
Notepad : Menulis & edit Artikel/bisa digunakan untuk menulis jadwal ngeblog
Kine master : edit Vidio
TrebEdit : Editor HTML seluler

Untuk aplikasi pendukung lainnya, sobat bisa download sesuai kebutuhan masing-masing.

✓ Membalas Komentar di Waktu Kosong

Nah, satu lagi yang jangan Sampai lupa yaitu sempatkan untuk membalas Komentar pengunjung di blog sobat. Karena komentar dari pengunjung bisa membuat :

  • Ide untuk membuat konten
  • Penilaian Kepuasan pada Blog
  • Backlink
  • Penambah skor SEO
  • Penambah Viewer

Bila terlalu sibuk membuat konten dan bekerja. Sobat bisa menggunakan waktu nyantai untuk Membalas komentar di blog dan sosial media. Semakin sobat merespon komentar pengunjung, maka semakin bagus pula untuk perkembangan blog. Sebab pengunjung yang merasa puas, akan kembali lagi untuk mengunjungi blog tersebut.

Tentu ini akan menjadi keuntungan untuk mendapatkan penghasilan yang drastis.

Itulah beberapa tips yang bisa sobat gunakan untuk menjadi Blogger yang Produktif. Terus semangat ngeblog jangan sampai kendor. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Baca juga tutorial blogging lainnya :


Posting Komentar untuk "Tips Menjadi Blogger yang Produktif Untuk Kesuksesan Blog"