Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik 2022, Mantap Banget

Riset keyword atau kata kunci memang merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh seorang blogger, sebagaimana penjelasan pada artikel sebelumnya. 

Pada artikel kita tidak akan membahas ulang apa itu riset keyword ? Dan Hal-hal apa saja yang harus dilakukan ketika riset keyword. Karena penjelasan tersebut telah dijelaskan secara detail pada artikel berikut : Apa Itu Riset Keyword ? Berikut Pengertian dan Cara Melakukannya

Nah, pada artikel ini kita akan mengupas keyword tools yang bisa digunakan untuk mencari kata kunci yang mempunyai volume tinggi, dan tingkat persaingan yang rendah. 

Tujuannya agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk membuat konten, dan kata kunci yang dibidik bisa mendapatkan hasil page one Google ( berhasil menempati ranking satu halaman search google ).

Baca juga : 6 Daftar Niche Blog Paling Banyak Diminati dan Menguntungkan

Berikut ini beberapa keyword tool yang bisa kamu gunakan secara gratis:

Dibawah ini akan dijelaskan 8 tools riset keyword gratisan yang siap digunakan untuk mengembangkan blog sobat. 

1. Ubersuggest

Ubersuggest adalah sebuah keyword tool yang dimiliki digital marketer ternama, Neil Patel. sobat blogger dapat memakai keyword tool ini tanpa perlu membayar sepeser rupiah pun.

Cara riset keyword menggunakan Ubersuggest pun cukup mudah. Sobat hanya perlu mengetik keyword apa yang diinginkan lalu gunakan dan jangan lupa Tergetkan wilayah yang diinginkan. 

Ubersuggest dapat menambahkan informasi berkenaan berapa besar volume pencarian keyword tersebut, volume keyword, dan saran keyword  yang dapat digunakan.

Misalnya, kita mencari keyword “membuat blog” sebagai bahan percobaan. Hasilnya adalah seperti ini:

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Dapat dilihat bahwa volume pencarian kata kunci tersebut adalah 5.400 pencarian per bulan. Kemudian nilai kompetisinya adalah 59 Angka ini memperlihatkan tingkat pencarian untuk berada di halaman pertama Google. 

Semakin besar angkanya, tambah sulit untuk meraih posisi pertama di hasil pencarian Google.

Selain itu, Ubersuggest juga dapat menambahkan petunjuk keyword yang tetap berkaitan dengan keyword yang sobat ketik di kolom search. 

Ubersuggest menambahkan 941 petunjuk keyword yang berkaitan dengan “Template Blog”. Sobat dapat mengurutkan petunjuk keyword tersebut berdasarkan :

  • Volume pencarian (search volume) 
  • Biaya per click (CPC),
  • Nilai persaingan (competition).

Ketiga petunjuk diatas bisa sobat jadikan sebagai bahan acuan untuk membuat konten artikel.

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Dalam pemilihan kata kunci, sobat bisa mengurutknnya berdasarkan volume tertinggi sampai terendah.

2. Google Trends

Tidak hanya terdapat mesin pencarian, Google juga menyediakan tool untuk melakukan riset keyword, yaitu Google Trends. Kabar baiknya, fasilitas keyword tool dari Google ini disediakan secara gratis kepada para penggunanya.

Sobat dapat mengatur wilayah negara yang ditargetkan guna mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk percobaan ini, kita mengfungsikan Google Trends Indonesia. Berikut adalah hasil percobaan kita dengan kata kunci “Template Blog”

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Sobat blogger bisa meraih grafik pergerakan keyword yang dicari. Google Trends akan memperlihatkan grafik pergerakan keyword dari satu jam paling akhir hingga lima tahun terakhir.

Jadi sobat dapat melihat naik turunnya popularitas sebuah keyword dari waktu ke waktu. Sobat bisa memanfaatkan tools ini untuk membuat konten.

Seperti cara riset keyword sebelumnya, Google Trends juga menambahkan petunjuk long tail keyword yang tetap berkaitan dengan keyword yang dicari secara real time.

Tak hanya itu, google trend memberikan petunjuk 10 keyword yang banyak dicari pada tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya. Seperti contoh berikut

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Uniknya google trend juga memberikan fitur untuk mengetahui " Penelusuran yang sedang trending saat ini ", seperti contoh berikut

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Baca juga : 5 Web Penyedia Domain dan Hosting Murah Terpercaya 2021

3. KWFinder

Keyword tool ketiga adalah KWFinder. Hampir sama dengan Uberseuggest, KWFinder menambahkan informasi :

  • Volume pencarian (search volume) 
  • Persaingan kata kunci (keyword difficulty)
  • SERP dari sebuah keyword. 

Sobat bisa menggunakan kata kunci yang mirip untuk percobaan, yaitu “Template Blog”. Hasilnya dapat sobat melihat seperti di atas, tapi petunjuk kata kunci yang dapat dilihat pada percobaan ini terbatas.

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Kekurangan berasal dari KWFinder adalah tidak sepenuhnya gratis. Sobat hanya dapat melacak dua kata kunci secara gratis. Untuk melanjutkan pemakaian, perlu mendaftar sebagai bagian dan dapat melakukan lima riset keyword setiap 24 jam dengan hasil 50 petunjuk kata kunci per pencarian.

Jika akun gratis belum mencukupi kebutuhan, sobat dapat belanja paket premiumnya. KWFinder sedia kan tiga paket premium dengan spesifikasi yang berbeda. Paket premium termurah Sangat mungkin untuk dilakukan riset keyword hingga 100 kali pencarian per 24 jam.

Paket termahalnya sangat mungkin untuk dilakukan riset keyword hingga 1200 pencarian per 24 jam. Jika ketiga paket selanjutnya tidak dapat mencukupi kebutuhan, sobat dapat memakai paket spesifik yang sesuai bersama kebutuha. 

4. MOZ

Selanjutnya, terdapat juga keyword tool MOZ yang bisa menjadi alternatif untuk riset keyword. Untuk bisa menggunakan fitur-fitur MOZ ini, sobat perlu mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota. Setelah melakukan pendaftaran sobat dapat meraih 10 riset keyword.

Kami mencoba mendaftar akun gratis MOZ dan mengfungsikan kata kunci yang mirip seperti percobaan-percobaan sebelumnya. Berikut adalah hasilnya:

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Dari gambar di atas dapat dilihat cara riset keyword menggunakan akun gratis tidak menambahkan hasil maksimal. Hasil riset keyword ini tidak menambahkan informasi volume pencarian per bulan. SERP yang ditunjukkan hanya sampai tiga web teratas. 

Tentu cara riset keyword seperti di atas tidak dapat menambahkan hasil maksimal untuk blog atau web. Sobat dapat memanfaatkan kesempatan Free Trial sepanjang 30 hari yang disediakan MOZ. Setelah 30 hari, Anda dapat dikenai tagihan 179 US Dollar per bulan.

5. SEMrush

Keyword tool selanjutnya adalah SEMrush. Sebelum menggunakan SEMrush, sobat perlu mendaftar terlebih dahulu sebagai bagian yang ada secara gratis.

Pemilik akun gratis SEMrush bisa meraih akses untuk lakukan riset keyword 10 kali pencarian didalam 24 jam.

Sebagai contoh, kami melakukan percobaan menggunakan kata kunci “Template Blog” dan hasilnya seperti yang dapat Anda melihat berikut.

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Anda dapat meraih petunjuk long tail keyword. Selain itu, terdapat juga situs-situs mana saja yang berada di halaman pertama hasil pencarian kata kunci tersebut.  

Sayangnya, akses akun gratis di SEMrush terbatas. sobat tidak dapat melihat seluruh petunjuk kata kunci (keyword suggestion) yang dihasilkan. SEMrush hanya menyediakan versi trial sepanjang 7 hari dan sesudah itu dapat dikenai biaya 99 US Dollar perbulan.

Baca juga : Cara menghasilkan uang jutaan rupiah dari satu blog saja | wajib coba

6. Answer The Public

Untuk keyword tool satu ini tidak ada didalam bhs Indonesia. Answer The Public hanya menyediakan pilihan bahasa asing, salah satunya adalah bahasa Inggris.

Meskipun hanya ada didalam babasa Inggris, cara riset keyword ini  dianjurkan karena petunjuk keyword yang diberikan cukup lengkap dan komperehensif.

Sobat blogger dapat melakukan riset keyword yang ditarger kemudian mulai menulisnya untuk konten di blog atau web melalui keyword tool ini.

Answer The Public menambahkan petunjuk kata kunci dengan format 5W+1H (What, Where, When, Why, Who, dan How).

Misalnya, kita mengfungsikan kata kunci “Template Blog”, hasil yang terlihat seperti di bawah ini:

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Sobat bisa mendatangkan ide-ide untuk konten blog atau web dari hasil riset keyword bhs Inggris ini. Mungkin sobat dapat menemukan keyword yang berpotensi kondang jikalau dibuat didalam bahasa Indonesia. Dan yang paling penting dapat mengfungsikan Answer The Public secara gratis.

7. Soovle

Keyword tool yang satu ini Berbeda dari keyword tool sebelumnya, Soovle tidak menambahkan informasi volume pencarian (search volume)
Tingkat ada masalah (keyword difficulty)
dan SERP.

Soovle hanya menambahkan petunjuk long tail keyword kondang di sebagian web besar seperti Google, Bing, Youtube, Yahoo, Amazon, Wikipedia, dan answer.com Kita coba menggunakan kata kunci “membuat blog” sebagai bahan percobaan. Hasilnya adalah sebagai berikut:

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Hasil pencarian di Soovle tidak seakurat hasil pencarian di Ubersuggest, SEMRush, KWFinder, Google Trends, dan MOZ. Bisa dilihat pada gambar di atas, Soovle hanya menambahkan petunjuk kata kunci saja, tanpa detil berapa banyak volume pencarian yang berlangsung atau tingkat persaingan sebuah keyword.  

Fitur lain yang disediakan oleh Soovle adalah Daily Top Keyword (Top Kata Kunci Harian). Namun, sayangnya top keyword ini hanya berlaku pada kata kunci bahasa Inggris. Sayangnya, Soovle tidak menyediakan top keyword berdasarkan wilayah atau bahasa tertentu.

8. Google Related Search

Selain Google Trends, Google termasuk menyediakan cara riset keyword lain, yaitu related search. Setiap kali melakukan pencarian dengan Google, hasil yang disediakan tidak hanya berupa artikel-artikel dengan kata kunci yang diketik.

Namun, Google juga terdapat petunjuk long tail keyword berkaitan dengan kata kunci yang dicari secara real time.

Misalnya, kita mencoba mencari kata kunci “membuat blog” dan hasil petunjuk long tail keyword yang diberikan Google adalah sebagai berikut:

8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik

Pada penjelasan di awal, sudah kita sebutkan bahwa didalam riset keyword ada empat aspek yang perlu diperhatikan yaitu :

  • Search Volume
  • Keyword Difficulty
  • Keyword Suggestion
  • dan SERP.

Sebenarnya, terdapat satu hal lagi yang perlu dipertimbangkan, yaitu Potential Traffic (potensi trafik).

Potential traffic adalah potensi trafik atau kunjungan yang dapat didatangkan dari sebuah kata kunci.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak seluruh kata kunci bersama search volume besar punya potensi trafik besar. Di sisi lain, kata kunci bersama search volume kecil dapat punya potensi trafik cukup tinggi

Misalnya, berdasarkan Ahrefs, kata kunci “Google Bisnisku” punya search volume sebesar 32.000 pencarian per bulan bersama potensi trafik sebesar 3.200.

Sebenarnya, potensi trafik ini cukup besar, tapi mayoritas trafik tersebut segera mengarah ke web Google Bisnisku. Sedangkan porsi trafik yang didapatkan web lain yang membicarakan Google Bisnisku hanya meraih puluhan.

Kata kunci bersama search volume kecil pun dapat punya potensi trafik cukup besar. Jadi, tidak cuman search volume dan keyword difficulty, Anda termasuk perlu perhitungkan potensi trafik yang dapat didapatkan.

Sayangnya, tidak banyak fasilitas gratis yang punya fitur potential traffic dan Ahrefs merupakan salah satu fasilitas yang sedia kan fitur tersebut.

Baca juga : Langkah awal menjadi seorang blogger profesional [ Edisi 2021]

Kesimpulan

Kesembilan web riset keyword gratis di atas punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada sebagian yang bisa digunakan secara gratis dan ada juga yang mengharuskan sobat untuk mendaftar akun di web tersebut.

Intinya, sobat perlu mengetahui kebutuhan riset keyword yang diinginkan.

Beberapa tools riset keyword gratisan yang telah disebutkan di atas bisa sobat gunakan untuk mendapatkan " kata kunci " dalam pembuatan konten. Sobat bisa memanfaatkannya meskipun tidak sepenuhnya lengkap.

Oleh karena itu, sobat blogger perlu mempertimbangkannya dari sisi keuangan. Jika fasilitas riset keyword gratis tidak dapat mencukupi kebutuhan, tidak ada salahnya untuk mengeluarkan dana untuk belanja paket premium pada salah satu fasilitas tersebut.

Setiap fasilitas riset keyword terdapat pilihan harga yang bermacam macam sehingga menentukan paket fasilitas yang pas dengan kantong sobat.

Jika sobat merasa keberatan untuk membayar, tapi memerlukan fasilitas premium, sobat dapat menyiasatinya dengan membayar secara patungan bersama teman-teman blogger.

Jadi Anda dapat menikmati fasilitas premium bersama mengeluarkan biaya sedikit.

Demikian artikel berkenaan cara riset keyword untuk blog dan website. Temukan keyword yang paling tepat untuk web dan blog sobat untuk meningkatkan peringkat konten di hasil pencarian. Selamat mencoba dan semoga sukses

Nb : Update artikel 2022

 Baca juga tutorial blogging lainnya :

Posting Komentar untuk "8 Tool Riset Keyword Gratis Terbaik 2022, Mantap Banget "