Cara Riset Keyword Gratis Lengkap dan Mudah, Cukup pakai 3 tools ini

Daftar Isi

Riset Keyword Gratis - Riset Keyword merupakan suatu hal yang wajib dilakukan sebelum membuat artikel. Persaingan yang begitu ketat di google seacrh atau penelusuran google mengharuskan para blogger untuk melakukan riset keyword. 

Ngomong-ngomong soal Riset keyword, apakah sobat sudah paham apa yang dimaksud dengan Riset Keyword ? Sebelum belajar cara riset keyword, sobat harus paham terlebih dahulu arti dari Riset Keyword

Apa Itu Riset Keyword ?

Riset keyword adalah proses menentukan kata kunci apa yang cocok untuk digunakan saat membuat artikel di blog atau website. Dengan melakukan riset bisa mengetahui apa saja kata kunci yang digunakan orang saat melakukan pencarian di search engine seperti Google, bing, Yahoo dan sebagainya

Ada banyak tools (alat) yang bisa digunakan untuk riset keyword mulai dari tool gratis sampai berbayar. Tool riset keyword sangatlah membantu dalam proses riset keyword. Sebagai alternatif termudah untuk blogger permula, sobat bisa menggunakan Riset Keyword Gratis

Cara Riset Keyword Gratis Lengkap dan Mudah

Apa itu Riset Keyword Gratis

Mudahnya, riset keyword gratis adalah proses penentuan kata kunci dengan menggunakan Tools Gratisan. Cara ini sangatlah membantu untuk para blogger pemula yang minim budget. 

Dalam melakukan riset keyword sebenarnya tidak perlu menggunakan tools berbayar, bila paham dan mengerti cara menggunakannya pasti hasilnya juga akan bagus. Banyak para mastah blogger yang hanya menggunakan tool gratisan yang ada di google saja namun artikelnya banyak yang page one google (masuk halaman satu google).

Termasuk mimin juga ikut juga masuk dalam kategori Blogger yang minim budget, sehingga mau tak mau harus memanfaatkan penuh tools gratisan yang bertebaran di google. Tapi tenang aja sob, Riset keyword gratisan juga bisa membuat artikel sobat untuk tampil di page one google.


Nah, bagi sobat yang bingung cara riset keyword, tak perlu khawatir sob, karena pada artikel ini mimin jelaskan lengkap dan mudah cara riset keyword gratis yang bisa membuat artikel sobat tampil di page one google. 

Silahkan sobat baca baik-baik artikel ini sampai selesai agar tidak salah paham, dan jika ada yang dibingungkan sobat bisa komen di kolom komentar atau hubungi admin untuk sharing seputar blogging.

Cara Riset Keyword Gratis Lengkap dan Mudah 

Penjelasan riset keyword gratis dibawah ini, berdasarkan hasil pengalaman mimin selama ngeblog, walaupun sebenarnya banyak sekali tools gratisan yang bisa digunakan, namun mimin rasa 3 tools ini adalah yang paling baik dari pada tools kainnya. Mari disimak sob

Riset keyword gratis pakai 3 tools ini :

  • Tool google seacrh/penelusuran google
  • Tool Keyword Eveywhere
  • Tool Keyword Surfer
Tiga tools diatas sangatlah rekomded sekali digunakan untuk riset keyword gratis, karena ketiga tools tersebut bisa sobat instal secara gratis di google. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut :

Pakai Tool google seacrh/penelusuran google

Tools google search seperti apa yang dimaksud ? Mungkin masih banyak para blogger yang belum paham terkait riset keyword gratis menggunakan Penelusaran google, karena memang tools ini tak terlihat seperti alat untuk riset keyword karena cenderung digunakan untuk mencari artikel saja.

Padahal, ketika sobat mencari sebuah artikel di penelusuran google, secara otomatis google akan menampilkan artikel yang dicari beserta kata kunci terkait lengkap secara lengkap. Lebih mudahnya sobat lihat gambar dibawah :

Penelusuran Orang juga bertanya


Gambar Penelusuran Terkait : 



Gambar diatas sangat jelas bahwa google menampilkan artikel dengan kata kunci ' Domain Gratis ' beserta kata kunci terkait dengan dua varian, yaitu :
  • Orang juga bertanya
  • Penelusuran Terkait 
Penjelasan : 

Orang juga bertanya : Google menampilkan keyword dengan penelurusan pertanyaan dari pengguna internet, seperti contoh : 
  • Domain apa saja yang gratis ?
  • Apakah domian co.id gratis ?
  • Bagaimana cara membuat domain gratis ?
Sobat bisa menggunakan cara ini untuk membuat artikel melalui cara diatas.

Penelusuran Terkait : Google menampilkan keyword yang terkait dengan keyword yang dicari. Sehingga melalui penelurusan tersebut keyword tersebut sobat bisa membuat artikel yang banyak dicari dan berpotensi page one google.

Cara menggunakan tool penelusuran google ini cukup mudah sob, yaitu :
  • Masuk ke google 
  • Ketik keyword yang diinginkan
  • Klik Orang juga bertanya > lalu klik tanda panah kebawah pada setiap kata kunci > semakin banyak diklik maka akan semakin banyak keyword yang keluar
  • Pilih Keyword pada Penelusuran Terkait > Lalu buatlah artikel 
Ikuti cara diatas untuk membuat artikel yang SEO dengan riset keyword gratis melalui penelurusan google.

Pakai Tool Keywod Everywhere

Riset keyword gratis mudah selanjutnya yaitu menggunakan tool keyword everywhere. tools ini cukup mudah digunakan. Keunnggulan menggunakan tool in ialah secara langsung akan menampilkan keyword yang sobat cari dengan berbagai varian keyword.

Keyword everywhere sangat memudahkan dalam proses riset keyword, karena tak perlu susah membuka website atau apliksi sejenisnya, namun dengan sekali klik keyword yang yang dicari akan tampil dihalaman google.

Keyword yang muncul pada tool keyword everywhere ada 3 varian yaitu :
  • Related Keyword
  • People Also Seacrh For
  • Long-tail Keyword
Penjelasan :

Related keyword ialah Kata kunci yang terkait dengan kata kunci yang sobat cari. Kata kunci masuk dalam kategori sort keyword ( kata kunci pendek ). Keyword ini sangat cocok untuk sobat yang terbiasa membuat artikel dengan kata kunci pendek

People Also Seacrh For ialah kata kunci yang banyak juga dicari oleh kebanykan orang. Sobat bisa menggunakan keyword ini untuk membuat artikel

Long-tail Keyword ialah kata kunci dengan bentuk panjang, kata kunci ini biasanya dipakai untuk satu judul utama artikel. Sangat cocok buat sobat yang biasa menggunakan kata kunci panjang

Sebagai contohnya sobat bisa lihat hasil riset dengan menggunakan keyword ' Domain Gratis ' berikut :


Berdasarkan gambar diatas, sobat bisa melihat banyak keyword yang ditampilkan oleh tool keyword everywhere secara langsung disamping kanan halaman google. Tentu ini akan sangat memudahkan sobat dalam membuat artikel

Cara menaggunakan keyword everywhere cukup mudah sob, yaitu :

  • Masuk ke google crome
  • Lalu Cari Keyword Everywhere di Penelusurun Google
  • Llau Buka web keyword everywhere, lalu klik link ekstensi chrome atau Firefox disana.
  • Install dan aktifkan.
  • Jika muncul menu beli credit, silihkan piih yang versi gratis
  • Masukan email, nanti link API key akan dikirim ke email.
  • Klik pada icon ekstensi Keyword Everwhere di broser, klik setting.
  • Masukan API key pada kolom yang tersedia, lalu Validate.
  • Silahkan gunakan Keyword Everywhere untuk membuat artikel 
Tool ini tak hanya untuk riset keyword untuk blogger saja, tapi juga bisa digunakan untuk riset keyword youtube. Silahkan sobat manfaatkan tools ini untuk membuat artikel yang seo. yuk lanjut ke cara ketiga

Pakai tool Keyword Surfer

Cara Riset Keyword Gratis ketiga ini sangat spesial sekali untuk Blogger pemula. Tools Keyword Surfer ini adalah salah satu chrome extension SEO yang memiliki fitur sangat lengkap. Dengan tools ini, sobat bisa melihat berbagai jenis insight di halaman pencarian Google. Informasi insight tersebut akan muncul ketika sobat mencari suatu hal dengan keyword tertentu.

Keunggulan dari fitur ini ialah menampilkan keyword beserta nilai volume dan CPC keyword tersebut. Nilai CPC inilah yang banyak dicari oleh para blog yang sudah beriklan adsense, karena sangat menentukan untuk pendapatan dari iklan adsense tersebut.

Jadi, ketika sobat mencari keyword tetentu, nanti akan muncul Volume dan CPC di samping kanan keyword tersebut. 

Volume : Prssentase Banyaknya pencarian pada keyword tersebut 
CPC : adalah istilah paid advertising mengenai nilai yang perlu dibayarkan pengiklan kepada publisher atau lebih mudahnya ialah Besaran dollar yang akan sobat dapatkan bila menggunakan keyword tersebut.

Sebagai contoh riset dibawah ini dengan menggunakan keyword ' Domain Gratis '


Presentase seperti gambar diatas akan muncul pada bawah halaman google sobat. 

Bisa dilihat dari hasil riset diatas, bila sobat membuat artikel dengan keyword domain gratis akan mendapatkan CPC sebesar $0.91. Tentu ini sangat spesial sekali bagi para pemula, karena tak perlu susah mencari volume dan cpc yang tinggi. secara otomatis keyword surfer akan memilihkan volume dan cpc terbaik untuk sobat.

Apalagi bila sobat menggunakan dua tools secara langsung yaitu Keyword everywhere dan keyword surfer dalam satu google, maka hasilnya akan sangat istimewa. Berbagai varian keyword dan CPC nya akan bisa sobat dapatkan

Lihat gambar dibawah 


Cara menggunakan Keyword juga mudah sob, sama seperti keyword everywhere yaitu :

  • Buka  chrome dan cari keyword surfer dikolom pencarian
  • Pastikan extensi terinstal ditandai dengan logo surfer yang muncul di bar extension chrome
  • Setting negara untuk riset keyword  : Setelan default extension ini adalah menampilkan data target negara amerika serikat, kerana kita tinggal di indonesia maka target negara kita ubah dulu ke negara indonesia caranya mudah cukup pilih gambar bendera negar negara pilih country indonesia
  • Keyword surfer siap digunakan
Lalu untuk cara riset dengan menggunakan keyword surfer caranya mudah sobat cukup mengetikan keyword di google search, maka extension akan bekerja mengambil data yang dibutuhkan dan menampilkan hasilnya di google search. 

Keyword Surfer akan menampilkan data seperti perkiraan jumlah travi, kata kunci yang masih terkait, hingga perkiraan travik dan nilai CPC. Selanjutnya sobat tinggal kita pandai pandai mengolah data yang tersedia untuk dibuat menjadi sebuah artikel yang menarik. 

Kesimpulan

Sobat bisa menggunakan ketiga cara diatas untuk riset keyword gratis untuk membuat artikel yang seo dan bisa tampil di page one google. Namun perlu sobat bahwa ketiga cara diatas tidak secara langsung akan membuat artikel sobat bisa berada di halaman google, tapi akan membutuhkan waktu beberapa hari. 

Persaingan antar artikel dengan keyword yang sama, akan membuat google melakukan seleksi artikel terbaik yang akan ditampilkan di halaman satu google. 

Intinya lakukanlah riset keyword sebelum membuat artikel, karena riset keyword juga menentukan kualitas dari artikel sobat

Itulah informasi yang bisa mimin sampaikan terkait cara riset keyword gratis yang bisa membantu sobat blogger untuk membuat artikel dengan volume dan cpc yang tinggi. Semoga artikel ini bermanfaat dan terimkasih sudah berkunjung ke blog cahsantri.com


Posting Komentar