Humor Gus Dur: Banser yang Berubah Menjadi Fatayat

Daftar Isi

Dorce Gamalama adalah seorang wanita transgender yang berprofesi sebagai penghibur di Indonesia. Ia telah berkecimpung dalam profesi pelawak, pembawa acara, film, dan musik. Dikutip dari Alif.ID, ada kisah unik tentang Gus Dur dan Dorce pada saa itu.

Humor Gus Dur: Banser yang Berubah Menjadi Fatayat

Sebagaimana diketahui, Dorce dikenal ramai oleh masyarakat Indonesia sebab hendak beroperasi jenis kelaminnya. Sebelum operasi, Dorce sempat sowan kepada Gus Dur, sebab ketika akan melakukan operasi banyak masyarakat danulama yang menekannya. Dorce pun menghadap Gus Dur sebagai ulama yang dikaguminya.

Dorce: “Gus, bagaimana ini, Gus, aku ini mau melakukan operasi kelamin tapi banyak ditentang oleh orang-orang. (perlu diketahui, operasi dari Dorce ini bukan tanpa sebab. Di mana, ketika lahir, Dorce merasa ‘ruh’ yang ditiupkan oleh Tuhan itu salah alamat. Jadi, menurut pengakuannya, semenjak ia kecil, bawaannya itu perempuan).

Gus Dur: “Yaudah, awakmu itu nyaman enggak dengan statusmu itu?”

Dorce: “Iya, Gus, nyaman. Ini maksud saya justru akan melakukan operasi kelamin itu..”

Gus Dur: “Yaudah, yang penting kamu nyaman..”

Maka Dorce pun merasa tenang dan pulang dengan hati lapang. Sebab ia merasa mendapat dukungan dari Gus Dur meskipun Gus Dur hanya bilang, “yang penting dirimu nyaman”.

Singkat Cerita, Dorce sudah melakukan operasi dan ia sudah berganti kelamin. Dorce pun kembali sowan ke rumah Gus Dur. Saat itu Gus Dur sudah mengalami gangguan penglihatan, sehingga setiap orang yang hendak sowan kepadanya biasanya menyebut identitasnya secara lengkap.

Dorce: “Selamat pagi, Gus..”

Gus Dur: “Selamat pagi..”

Dorce: “Gus, ini saya Dorce..”

Gus Dur: “Oh, Anda yang asalnya Banser dan sekarang sudah jadi fatayat itu..”

Hahahaha...

Note: Banser adalah pemuda NU yang bertugas mengawal kiai-kiai saat hendak mengisi pengajian. Sedangkan fatayat adalah pemudi (perempuan) NU yang menggerakan ke-NU-an di kalangan anak-anak perempuan muda.

Sumber : akurat.co

Baca juga humor lucu Gus Dur lainnya :  


Posting Komentar