Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Humor Gus Dur: Nengok Neraka Orang Indonesia dan Neraka Negara Lain

KH Abdurrahman Wahid atau yang lebih akrab disapa Gus Dur merupakan seorang tokoh yang dikenal pandai dalam menyisipkan humor-humor khasnya dalam menyampaikan pesan keislaman. 

Sebab, apapun yang dilakukan Gus Dur, selalu diselipi dengan guyonan yang membuat orang-orang menjadi tertawa. Misalnya, pada suatu hari, Gus Dur pernah bilang, neraka Jerman dan Indonesia memiliki perbedaan. 

Kala itu, ada seorang warga Indonesia yang meninggal dan dikisahkan masuk neraka. Pada saat di neraka, ternyata ia mendapati neraka yang berbeda dari tiap-tiap negara.

Pertama, ia pergi ke neraka orang Jerman dan bertanya, "Kalian diapain saja di sini?,".

"Jadi begini, pertama-tama, kita didudukkan di atas kursi listrik selama satu jam. Lalu ada yang membaringkan kita di atas ranjang paku selama satu jam lagi. Kemudian, setan Jerman muncul dan memecut kita sepanjang sisa hari," kata penghuni neraka di situ.

Karena terlihat tidak mengenakkan, akhirnya orang Indonesia itu menuju ke tempat lain. Ia penasaran dan ingin melihat-lihat bagaimana keadaan di neraka Amerika Serikat, neraka Rusia, dan neraka di beberapa negara lainnya.

Baca juga : Humor Gus Dur: Tuhan Menangis

Namun seperti sebelumnya, ia mendapati bahwa ke semua neraka-neraka itu kurang lebih mirip dengan neraka orang Jerman. Di mana, setiap orang mendapat perlakuan serupa, yaitu disiksa di kursi listrik, dibaringkan di ranjang paku, dan dipecut sepanjang hari.

Singkat cerita, ia tiba di neraka untuk orang Indonesia. Di situ ia melihat antrean panjang orang yang menunggu giliran ingin masuk ke sana. Dengan perasaan ia bertanya.

"Ngomong-ngomong apa sih hukuman yang diberlakukan di sini?,".

"Pertama-tama, ada yang mendudukkan kita di atas kursi listrik selama satu jam. Lalu ada yang membaringkan kita di atas ranjang paku selama satu jam lagi. Kemudian setan Indonesia muncul dan memecut kita selama sisa hari," kata salah satu penghuni neraka di situ.

Setelah mendapati jawaban seperti itu, orang Indonesia tersebut tercengang dan bertanya kembali.

"Tapi itu persis sama dengan neraka-neraka yang lain, kan? Lantas kenapa dong begitu banyak orang ngantre pengen masuk ke sini?,".

"Ohh kalau di sini maintenance-nya payah banget, kursi listrik pada enggak nyala, ada yang mencuri seluruh paku dari ranjang paku, dan setannya adalah mantan pegawai negeri, jadi ia cuma datang, tanda tangan absen, lalu pergi ke kantin," jawab penghuni neraka yang tadi.

Baca juga humor lucu Gus Dur lainnya :  

Posting Komentar untuk "Humor Gus Dur: Nengok Neraka Orang Indonesia dan Neraka Negara Lain"