Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Humor : Gus Dur Ajak Gus Mus Bolos kuliah

gus dur ajak gus mus bolos kuliah
foto Gus Dur dan Gus Mus


KH. Musthofa Bisri ( Gus Mus ) dan KH. Abdurrahman Wahid ( Gus Dur ) adalah sahabat karib yang kedekatannya melebihi keluarga sendiri. 

Baca juga : Humor Gus Dur : NU dan Muhammadiyah

Ada banyak cerita dan kenangan yang telah mereka lalui bersama, mulai remaja, masa kuliah, bahkan sampai mempunyai keluarga masing-masingpun kedekatannya tetap solid.

Salah satu hal yang dikenang oleh Gus Mus saat menjadi mahasiswa di luar negeri yaitu ketika Gus Dur memprovokasi dirinya untuk tidak ikut perkuliahan alias Bolos.

Cerita ini Gus Mus sampaikan pada acara In memoriam Gus Dur disalah satu program Tv Nasional. 

Waktu itu pada tahun 60-an, Gus Dur datang ke kamar asrama Gus Mus, ketika Gus Mus sedang berpakaian rapi untuk siap-siap berangkat ke kampus, lalu Gus Dur seraya berkata : " Mau kemana sampeyan ( kamu )" ?

" Iya mau ke kuliah " Jawab Gus Mus, kemudian menambahkan " Lah sampeyan rapi-rapi mau kemana ? 

" Iya saya mau ngajak sampeyan ke kuliah " kata Gus Dur

" Ayok kita berangkat " kata Gus Mus. Kemudian berangkatlah mereka berdua menggunakan bis, karena waktu itu tempat duduk sudah penuh, maka terpaksa mereka berdua berdiri gelantung. 

Baca juga : Humor : Ketika Gus Dur dibuat bingung oleh Orang madura

Setelah dekat kampus barulah mereka mendapatkan tempat duduk. Hanya sebentar saja duduk ternyata sudah sampai kampus, lalu Gus Mus berkata kepada Gus Dur " Gus, sudah Sampai ".

" Sayang ahh, baru duduk masak sudah kita tinggalkan " kata Gus Dur membalas perkataan Gus Mus

" Loh, ini sudah Sampai, Gus " kata Gus Mus

" Ya sudah lanjut dulu, nanti kan bisa kesini lagi " kata Gus Dur

Gus Mus berkata"  Ya sudah lah" , lalu Gus Mus juga berfikir setelah sampai disana nanti akan kembali lagi naik bis setelah Gus Mus luas duduknya. 

Ternyata, setelah jalan terus dikampus agak jauh, disamping jalan ada bioskop, kemudian Gus Dur berkata kepada Gus Mus " Sudah, turun sini saja ". 

" Loh, kenapa Gus " kata Gus Mus

Tanpa menjawab lalu Gus Dur menunjukkan dua karcis bioskop yang sudah siap untuk nonton film. " Tau gitu saya gak rapi-rapi Bawak tas segala, Gus " kata Gus Mus

Selain itu, hal lain yang dilakukan Gus Dur yaitu setelah selesai menonton film, lalu Gus Dur keluar dan membeli karcis lagi lalu nonton film yang sama. 

" Loh, ini kita masuk lagi tapi film nya masih tetep ini Gus " kata Gus Mus heran kepada Gus Dur

" Iya, tadi saya ada yang kelewatan " jawab Gus Dur simple. Hahaha

Itulah tingkah humoris Gus Dur yang tak dapat ditemukan pada diri orang lain, kata Gus Mus. Semoga terhibur dan jangan lupa bahagia 

Baca juga humor lucu Gus Dur lainnya :  

Posting Komentar untuk "Humor : Gus Dur Ajak Gus Mus Bolos kuliah"